Round Up

Kalista Iskandar Salah Lafalkan Pancasila, Mereka Membela

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 22:05 WIB
Kalista Iskandar
Kalista Iskandar finalis Puteri Indonesia 2020 Foto: Instagram/@kalistaiskandar

Suara-suara pembelaan pun datang untuk Kalista. Bamsoet sendiri menyebut Kalista bukan tidak hapal Pancasila, melainkan hanya grogi.

"Dia hafal Pancasila, hanya grogi saja," kata sosok yang akrab disapa Bamsoet ini saat dihubungi detikcom, Sabtu (7/3/2020).

Bamsoet kemudian memberi penjelasan soal alasannya bertanya mengenai Pancasila di ajang tersebut. Menurutnya, para finalis Puteri Indonesia harus paham Pancasila.

"Puteri Indonesia adalah duta Indonesia di kancah internasional. Sebagai duta bangsa harus paham dan hafal atas sila-sila yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara," ucapnya.

Pembelaan untuk Kalista kemudian datang pula dari produser sekaligus pembawa acara Mata Najwa, Najwa Shihab. Di Instagram, Najwa mengunggah foto jadulnya, foto Kalista, serta foto Bamsoet.

"Ramai soal Puteri Sumatera Barat Kalista Iskandar yang sempat salah menyebutkan Pancasila saat menjawab pertanyaan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain," tulis Najwa, Sabtu (7/3).

Kalista Iskandar Salah Lafalkan Pancasila, Mereka MembelaFoto: Dok. Instagram Najwa Shihab

Najwa mengatakan, Kesalahan juga pernah dia alami saat meliput bencana tsunami di Aceh. Saat itu, Najwa salah menyebut Kota Calang menjadi Calung. "Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi," tuturnya.

Oleh sebab itu, Najwa menyatakan dirinya memahami kegugupan yang dialami Kalista Iskandar. Sorakan penonton dan waktu yang singkat juga berpengaruh.

"Saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton," ungkap Najwa.

Dia lalu menyinggung Bamsoet yang mengajukan pertanyaan hafalan tersebut. Najwa mengatakan Bamsoet juga pernah mengalami momen yang sama dengan Kalista.

"Ketua MPR Bambang Soesatyo, yang tadi malam mengajukan pertanyaan hafalan itu, juga pernah berada di situasi yang hampir mirip. Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hafalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai tiga kali," katanya.

"We are all humans after all," tutup Najwa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3