Kalista Iskandar Salah Ucap Pancasila, Menteri PPPA Ajak Lihat Perspektif Lain

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 21:25 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Foto: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati (Antara Foto)

Selain itu, Kalista disebut sebagai salah satu peserta terbaik dalam menceritakan pengalaman hidupnya. Kalista juga dianggap mampu menjelaskan dengan baik rencananya jika terpilih menjadi Puteri Indonesia.

"Memiliki berbagai aktivitas terutama memberdayakan anak-anak kurang mampu," ujar dia.

Karena itu, Bintang meminta semua pihak untuk melihat kejadian ini dari perspektif lain. "Mungkin kita bisa meliat dari berbagai perspektif dalam melihat kejadian ini," ujar Bintang.

Momen Kalista tidak berhasil melafalkan Pancasila dengan benar itu terjadi di acara Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang disiarkan langsung di SCTV. Kalista mendapat pertanyaan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

"Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam Pancasila?" tanya Bamsoet.

"Terima kasih, Pak," ucap Kalista kepada Bamsoet. Dia lalu mulai melafalkan satu per satu butir Pancasila.

Sila pertama hingga ketiga dilafalkan dengan lancar oleh Kalista. Saat melafalkan sila keempat, Kalista salah ucap.

"Nomor empat, kemanusiaan yang...," ucap Kalista yang langsung disambut sorakan penonton.

Meski salah, Kalista tetap mencoba untuk menguraikan isi sila keempat. Sayangnya jawabannya tidak tepat. "Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan, dalam permusyawaratan per.. masyarakat, perwakilan," sambung dia.

Kesalahan perempuan berusia 21 tahun ini masih berlanjut saat dia melafalkan sila kelima. "Lima, kemanusiaan sosial yang adil dan beradab," kata Kalista sembari disambut sorakan penonton.

Meski demikian, Bambang tetap mencoba memberi apresiasi kepada Kalista yang sudah mau berusaha menjawab pertanyaannya. "Terima kasih Kalista, Anda layak menang," ucap Bambang

Halaman

(knv/hri)