Bukan Cuma Kalista Iskandar, Prabowo-Zaskia Gotik Pernah Salah Ucap Pancasila

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 16:02 WIB
Kalista Iskandar
Kalista Iskandar di ajang Puteri Indonesia 2020 (Grandyos/detikFOTO)


Zaskia Gotik

Pedangdut Zaskia Gotik juga pernah salah melafalkan Pancasila. Momen itu terjadi di rangkaian acara Bulan Dirgantara Indonesia sekaligus perayaan HUT TNI AU ke-70 di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (15/4/2016).

Dalam acara itu, Zaskia diminta memimpin pembacaan Pancasila sesuai dengan gelarnya sebagai Duta Pancasila. Dia saat itu memang kerap diminta mensosialisasikan Pancasila dalam setiap kesempatan.

Zaskia saat itu lupa mengucapkan kata 'kebijaksanaan' ketika melafalkan sila keempat. Bunyi sila keempat seharusnya 'Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan'. Namun saat itu Zaskia hanya melafalkan 'Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan dan perwakilan'.

Sebelum menjadi Duta Pancasila, Zaskia pernah berurusan dengan polisi terkait Pancasila. Peristiwa ini terjadi saat Zaskia tampil dalam sebuah program di salah satu stasiun TV swasta pada Selasa (15/3/2016). Dalam tayangan tersebut, Zaskia bersama beberapa artis lainnya terlibat kuis dengan beberapa pertanyaan seputar kebangsaan.

Pertama, penyanyi dangdut ini ditanya tanggal Hari Kemerdekaan RI, yang dijawabnya tanggal 32 Agustus. Zaskia kembali mengulang jawaban salah saat ditanya simbol sila ke-5 Pancasila yang seharusnya padi dan Kapas. Zaskia saat itu menjawab 'bebek nungging'.

Zaskia dalam beberapa kesempatan telah minta maaf atas ucapannya tersebut. "Itu kekeliruan Neng. Spontanitas, nggak sadar kalau bahaya. Karier Neng hancur," ujarnya.

Halaman

(hri/idh)