Kemenkes: 1 WNI yang Bertahan di Diamond Princess Tenaga Inti Kapal

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 14:55 WIB
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan perkembangan kondisi keempat pasien positif Corona yang diisolasi di RSPI Sulianti Saroso. Kemenkes mengatakan kondisi keempat pasien tersebut semakin membaik setiap harinya.
Foto: Kanavino/detikcom
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan ada satu orang WNI ABK yang memilih tetap berada di kapal pesiar Diamond Princess di saat WNI lainnya dievakuasi ke Tanah Air. ABK tersebut bertahan karena merupakan juru mesin kapal.


"Yang kita bisa kita ajak pulang hanya 69 orang karena ada 1 orang yang memilih tetap berada di kapal karena dia termasuk tenaga inti untuk mengoperasikan kapal untuk kembali ke pangkalannya di Seattle. Dia adalah juru mesin yang menjadi tenaga inti sehingga kapal ini kembali ke Seattle dengan awak minimal kurang lebih sekitar 50 orang," kata Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes sekaligus juru bicara pemerintah dalam penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020).



Achmad mengatakan 1 ABK tersebut sudah menandatangani surat pernyataan bahwa akan melanjutkan pekerjaannya. Pemerintah pun memaklumi hal ini.

"Kita tidak bisa menolak ini, karena pengungsian ini sifatnya bukan mandatory, karena harus menandatangani kesediaan, untuk dijemput dan kesediaan untuk diobservasi, jadi bukan mandatory yang mengharuskan, nah satu orang memang dia tenaga inti dari ruang mesin sehingga dia tidak bisa ikut pulang dan dia sendiri yang memutuskan untuk tidak pulang," kata Achmad.