Round-Up

Sempat Ditutup karena Corona, 2 Masjid Suci Dibuka Lagi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 22:34 WIB
Virus corona: Saudi membuka kembali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi setelah sempat ditutup
Suasana Masjidil Haram saat ditutup sementara untuk kegiatan sterilisasi dari virus Corona (dok. BBC World)
Madinah -

Wabah virus Corona berdampak kegiatan ibadah umat Islam di Kota Mekah dan Madinah. Setelah menyetop kegiatan umroh, Pemerintah Arab Saudi sempat menutup sementara dua masjid suci, yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, untuk mencegah penyebaran virus asal Kota Wuhan, Hubei, China, itu.

"Dalam rangka menjaga kebersihan Dua Masjid Suci untuk menghindarkan merebaknya penularan, serta perlunya mengintensifkan pembersihan dan sterilisasi di Dua Masjid Suci (Mekah-Madinah)," demikian tertulis dalam pengumuman resmi dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arab Saudi dan Communication and Media Center (CMC) Arab Saudi yang diterjemahkan langsung oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Jumat (6/3/2020).

Penutupan sementara dua masjid suci itu dilaksanakan di luar waktu salat. Disebutkan penutupan sementara itu dilaksanakan 1 jam setelah Salat Isya pada hari Kamis (5/3), dan dibuka lagi satu jam sebelum salat Subuh pada Jumat (6/3).

Meski ditutup sementara, Masjidil Haram tetap terbuka khusus untuk warga Mekah. Mereka boleh melaksanakan salat lima waktu hanya di lantai atas masjid. Kemudian rawdah hanya dibuka untuk salat wajib dan ditutup di waktu lainnya.

Saat ditutup, tak ada pemandangan kerumunan orang menyemut dan berjalan mengelilingi Ka'bah. Area sekeliling Ka'bah tampak lengang.

Usai semalaman ditutup, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka Masjidil Haram di Mekah dan Masjidil Nabawi di Madinah. Saluran televisi pemerintah, Al-Ekhbariya, melaporkan, Saudi menutup kedua situs tersebut bagi jemaah umroh dan turis dari sekitar 25 negara untuk menghentikan penyebaran virus. Tercatat hingga hari ini, Arab Saudi telah melaporkan lima kasus virus Corona alias COVID-19.