Petugas Haji RI Siapkan Layanan untuk Jemaah, Meski Virus Corona Belum Reda

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 19:45 WIB
Kakbah di Masjid Al Haram, Mekkah
Foto: Andhika Prasetia/detikcom/Petugas Haji RI Siapkan Layanan untuk Jemaah, Meski Virus Corona Belum Reda
Jakarta -

Virus corona memang masih bikin gonjang-ganjing di seluruh dunia, termasuk Arab Saudi. Infeksi virus corona bahkan mengakibatkan penundaan umroh sementara, hingga situasi terasa lebih aman bagi jemaah dan warga setempat.

Meski bagitu, persiapan ibadah haji 1441 H atau 2020 M asal Indonesia tetap berlangsung. Tim Akomodasi dan Konsumsi sudah mulai bekerja menyiapkan layanan untuk jamaah. Untuk tim akomodasi kini memasuki hari ke-26, sementara tim konsumsi sudah menginjak hari ke-19.

"Alhamdulillah, kami terus bekerja untuk untuk memastikan jemaah haji mendapat layanan terbaik pada musim haji tahun ini," kata Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KJRI Jeddah Amin Handoyo dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Jumat (6/3/2020).


Tim akomodasi telah membuka pendaftaran penyedia layanan hotel ibadah haji. Saat ini ada 289 hotel yang diajukan calon penyedia dengan kapasitas mencapai 389.530 orang. Para pendaftar akan diperiksa dokumennya, bagi yang lolos akan dilanjutkan proses kasyfiyah.

Menurut Amin, proses kasyfiyah sudah dilakukan untuk calon penyedia layanan hotel. Proses kini memasuki tahap pengaturan konfigurasi kapasitas dan negosiasi harga. Kasyfiyah adalah kunjungan lapangan, untuk memastikan calon layak menjadi penyedia layanan hotel.


Proses kasyfiyah juga dilakukan untuk calon penyedia konsumsi. Amin mengatakan, saat ini ada 309 calon penyedia konsumsi yang telah mendaftar. Proses kasyfiyah akan dilakukan pada calon penyedia konsumsi ibadah haji, yang dokumennya lolos verifikasi.

Tonton juga video Arab Saudi Setop Umroh, MPR: Takutnya Sampai Musim Haji:

[Gambas:Video 20detik]



(row/erd)