Pasien di RSPI SS: 4 Positif Virus Corona, 5 Masih Dievaluasi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 18:22 WIB
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya.
RSPI Sulianti Saroso (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

RSPI Sulianti Saroso hingga saat ini merawat sembilan pasien dalam ruang isolasi. Sebanyak empat pasien telah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jumat (6/3/2020), awalnya menyebutkan kondisi dua pasien positif Corona yang disebut sebagai Kasus 1 dan Kasus 2. Syahril menyebut tujuh pasien lainnya diisolasi karena memiliki riwayat kontak dengan pasien Kasus 1 dan 2.

"Ada sembilan nih, dua orang sudah dinyatakan positif (Corona) oleh Presiden. Kemudian tujuh (pasien) ini semuanya riwayat kontak," ujar Syahril.

Selanjutnya, dalam konferensi pers terpisah di COVID-19 Media Center kompleks Istana Kepresidenan, Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes yang juga juru bicara pemerintah dalam penanganan Corona, Achmad Yurianto, mengumumkan dua pasien positif baru. Keduanya lalu disebut sebagai Kasus 3 dan Kasus 4.

"Dari 7 orang ini, 2 orang confirm positif yang disebut kasus nomor 3 dan kasus nomor 4. Kita sebut kasus 3 dan nomor 4 sekarang tadi," ungkap Yuri.

Kedua orang itu diketahui positif Corona setelah tim Kemenkes memeriksa orang yang melakukan kontak dengan Kasus 1 dan Kasus 2. Mereka saat ini diisolasi di RSPI Sulianti Suroso.

Dengan demikian, hingga saat ini total ada empat orang yang positif Corona di Indonesia. Sebanyak lima pasien lain di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso masih dievaluasi apakah mereka positif virus tersebut atau tidak.

Sebelumnya, RSPI Sulianti Saroso mengonfirmasi ada satu pasien suspect Corona yang meninggal dunia pada Kamis (5/3) kemarin. Pasien berusia 65 tahun dan berjenis kelamin perempuan itu kini sudah dimakamkan.

RSPI Sulianti Saroso kini hanya memiliki 2 kamar isolasi tersisa. RSPI meminta rumah sakit lain tak asal merujuk pasien.

Tonton video Pasien Pengawasan Corona yang Meninggal Baru Dirawat 2 Hari:

[Gambas:Video 20detik]



(azr/tor)