Tumpukan Sampah di Tengah Jalan Kota Tangerang Disingkirkan Usai Viral

Jehan Nurhakim - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 16:18 WIB
Sisa tumpukan sampah di tengah jalan Tangerang
Sisa tumpukan sampah di tengah jalan Tangerang (Jehan Nurhakim/detikcom)
Jakarta -

Viral sebuah video menunjukkan tumpukan sampah memanjang di tengah jalan di wilayah Kota Tangerang. Sampah-sampah tersebut memanjang di atas pembatas jalan.

Dilihat detikcom di video yang tengah viral tersebut, sampah-sampah yang terbungkus plastik memenuhi pembatas jalan di Jalan Raden Patah, Tangerang. Banyak juga plastik sampah yang sampai berserakan ke jalan di dekat Pasar Lembang tersebut.

detikcom kemudian menyambangi lokasi tersebut. Terlihat sampah-sampah sudah mulai diangkut, hanya ada beberapa tumpukan yang kemudian juga sudah diangkut oleh petugas. Petugas kebersihan, Mufti, mengatakan sampah-sampah tersebut berasal dari sampah pedagang di Pasar Lembang dan warga sekitar.

"Awalnya dari beberapa warga atau pedagang yang membuang sampah ke sini, terus yang lain pada ngikutin. Petugas bersihkan, tapi nanti sore ada lagi," ujar Mufti ditemui ditemui detikcom di lokasi, Jalan Raden Patah, Tangerang, Jumat (6/3/2020).

Dia mengatakan pemerintah daerah pun sudah mengetahui hal ini. Namun kebiasaan warga dan pedagang yang buang sampah itu tak berubah.

"Pak Wali Kota kadang-kadang meninjau juga. Cuma kadang-kadang pagi-pagi bersih, mungkin saat dia lewat bersih. Ya, gitu doang," ujarnya.

Sementara itu, pedagang sekitar, Jepri, mengatakan kebiasaan ini sudah berlangsung lama. Setiap kali sampah diangkut, warga kembali membuang sampah di tengah jalan.

"Sudah lama, berbulan-bulan, pemerintah menyediakan lahan dong 100 meter di pinggir jalan. Buat sampah masyarakat. Jadi nggak di tengah jalan ini," tuturnya.

[Gambas:Instagram]



(zlf/zlf)