RSPI Sulianti Saroso: Insyaallah 2 Pasien Positif Corona Akan Sembuh

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 15:24 WIB
Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso M Syahril (Foto: Kanavino/detikcom)
Foto: Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso M Syahril (Foto: Kanavino/detikcom)
Jakarta -

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso M Syahril, mengatakan kondisi dua pasien positif virus Corona (Covid-19) terus membaik. Syahril meyakini kedua pasien itu akan sembuh.

"Kalau tadi ditanya bagaimana, Insyaallah kalau melihat hari pertama masuk sampai hari keenam adanya suatu penurunan, tidak ada perburukan gejala yang ada. Alhamdulillah indikator ini menjadi suatu parameter bagi kita semua bahwasanya Insyaallah kedua pasien ini akan sembuh," kata Syahril di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Syahril mengatakan kondisi kedua pasien dari hari ke hari semakin membaik. Kedua warga Depok itu juga bisa berkomunikasi dengan saudara-saudaranya menggunakan handphone.

"Alhamdulillah perjalanan hari ketiga keempat, kemudian hari ini hari keenam secara umum keadaan umumnya adalah baik dengan indikasi bisa berkomunikasi bahkan kedua pasien ini bisa telepon WA, video call dengan saudara-saudaranya yang ada di luar," ujar dia.

Dia menjelaskan kedua pasien juga sudah tidak mengalami demam. Namun mereka masih mengalami sedikit sesak dan batuk.

"Tentu saja karena yang diserang adalah saluran napas maka untuk batuk ini butuh waktu untuk mengeluarkan virus yang ada saluran napasnya. Kedua orang ini bisa melakukan aktivitas sehari-hari, contohnya bisa makan sendiri tidak disuapi, bisa mengganti pakaian, dan ke kamar mandi dan toilet sendiri tanpa harus dibantu oleh keluarga atau pun perawat kami," jelas Syahril.

(knv/mae)