Raja Belanda Diundang ke RI 10-13 Maret, Kemlu: Insyaallah Tak Ada Perubahan

Indra Komara - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 14:30 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - MAY 16: King Willem-Alexander and Queen Maxima of The Netherlands at the Red Ribbon Concert organized by the AIDS2018 organizations on May 16, 2018 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Patrick van Katwijk/Getty Images)
Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima berencana mengunjungi Indonesia pekan depan. Selama di RI, Raja dan Ratu Belanda itu diagendakan bertolak ke Jakarta, Yogyakarta, dan Kalimantan.

Berdasarkan situs resmi Kerajaan Belanda, rencana kedatangan Alexander dan Maxima ini atas undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencananya kunjungan itu akan dimulai pada 10-13 Maret.

"Kunjungan kenegaraan menegaskan hubungan dekat antara kedua negara dan akan diarahkan untuk kerja sama di masa depan. Program ini akan fokus pada ekonomi, konservasi alam, budaya, ilmu pengetahuan dan ikatan antara masyarakat Indonesia dan Belanda. Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan ditemani sejumlah menterinya," demikian tertulis dalam situs resmi Kerajaan Belanda, Jumat (6/3/2020).

Dimintai konfirmasi terpisah, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI membenarkan adanya kunjungan Kerajaan Belanda itu. Kemlu menyebut agenda kedatangan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima tetap sesuai jadwal.

"Insyaallah tidak ada perubahan," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, kepada wartawan, Jumat (6/3/2020).

Faizasyah mengatakan tidak ada prasyarat tertentu terkait kedatangan Raja-Ratu Belanda itu. Terlebih, Faizasyah menambahkan, bila Belanda bukan termasuk wilayah yang terpapar virus corona berdasarkan WHO.

"Belanda bukan wilayah terpapar kalau merujuk WHO," kata Faizasyah.

"Tidak ada (prasyarat). Menyesuaikan dengan standar pemeriksaan kesehatan yang diberlakukan," imbuhnya.

Berikut agenda Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima selama di RI pekan depan:

Selasa 10 Maret-Jakarta

Berdasarkan situ Kerajaan Belanda, agenda Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima di Jakarta pada 10 Maret yakni meletakkan karangan bunga di TMP Kalibata untuk menghormati pahlawan yang gugur di medan perang selama perang Kemerdekaan RI 1945-1949. Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima juga akan mengikuti upacara penyambutan resmi di istana Presiden di Bogor,

Sore harinya, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan meletakkan karangan bunga di Pemakaman Menteng Pulo, tempat peristirahatan 4.300 tentara Belanda yang tewas selama Perang Dunia Kedua dan Perang Kemerdekaan RI. Kemudian melanjutkan ke pabrik cokelat Pipiltin Cocoa

Malam hari Raja dan Ratu akan hadir pada penandatanganan perjanjian kemitraan antara bisnis Indonesia dan Belanda. Setelah itu, mereka akan mengunjungi pameran foto di Erasmus Huis.

Selanjutnya
Halaman
1 2