Komisi X soal Gadis Jago Gambar-Putus Sekolah di Sukabumi: Bupati Bisa Bantu

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 09:31 WIB
Gadis cantik asal Sukabumi jago membuat sketsa wajah meski putus sekolah
Gadis cantik asal Sukabumi yang jago gambar (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Jakarta -

Komisi X meyakini kisah Febby Lissa Ayu Aryanti (17) akan menggugah hati Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Komisi X juga menegaskan seharusnya Febby bisa bersekolah meski berasal dari keluarga tak mampu.

"Saya yakin Pak Marwan Hamami akan tergugah dengan kondisi adik kita ini dan bisa membantu meneruskan sekolah adik ini," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf kepada detikcom, Kamis (5/3/2020) malam.

Dede mengatakan pemerintah memiliki anggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk 7 juta siswa. Dede menungkapkan rasa herannya ketika masih ada anak yang tak mendapat hak pendidikan.

"Padahal anggaran KIP itu untuk 7 juta siswa, khususnya yang miskin atau tidak mampu. Lalu kenapa dia (Febby) nggak bisa dapat? Tentu ini harus dipertanyakan, apakah dia masuk dalam data," ujar Dede.

Dede kemudian menduga data yang dimiliki pemerintah tak sesuai dengan kondisi di lapangan. Dede lalu berkomentar soal cerita ibunda Febby, Yani Hendrayani (38), yang mengaku ijazah dan rapot putri sulungnya itu ditahan pihak sekolah karena tak punya uang untuk membayar biaya kelulusan sekolah.

"Atau jangan-jangan data yang ada tidak mencerminkan kondisi yang sesungguhnya? Dan sudah bukan saatnya sekolah menahan rapot anak, karena hampir semua sekolah, terutama negeri, sekarang mendapat BOS (Bantuan Operasional Sekolah) baik dari pusat atau dari provinsi," jelas dia.

"Artinya mayoritas biaya sekolah sudah tertanggung negara. Jadi jangan memberatkan adik-adik kita lagi," sambung Dede.

Selanjutnya
Halaman
1 2