Imbas Corona, Arab Saudi Tutup Sementara Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 08:25 WIB
Kakbah di Masjid Al Haram, Mekkah
Dokumentasi Kakbah di Masjidil Haram sebagai ilustrasi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi menutup sementara dua masjid suci di Mekkah dan Madinah untuk mencegah penyebaran virus corona. Dalam penutupan sementara itu, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, akan disterilisasi.

"Dalam rangka menjaga kebersihan Dua Masjid Suci untuk menghindarkan merebaknya penularan, serta perlunya mengintensifkan pembersihan dan sterilisasi di Dua Masjid Suci (Mekkah-Madinah)," demikian tertulis dalam pengumuman resmi dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Arab Saudi dan Communication and Media Center (CMC) Arab Saudi yang diterjemahkan langsung oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Jumat (6/3/2020).

Penutupan sementara dua masjid suci itu akan dilaksanakan di luar waktu salat. Disebutkan penutupan sementara itu dilaksanakan 1 jam setelah salat isya pada hari Kamis (5/3) dan akan dibuka lagi satu jam sebelum salat subuh pada hari Jumat (6/3).

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menyetop sementara pelaksanaan ibadah umroh. Penundaan itu berkaitan dengan pencegahan virus corona.

"Keputusan penangguhan umroh secara sementara diberlakukan bagi seluruh warga negara Arab Saudi, mukimin, dan seluruh warga di kota Makkah Al Mukarromah, sebagaimana tidak diperkenankan bagi seluruh orang yang memakai kain ihram untuk masuk ke Masjidil Haram serta seluruh halaman yang mengelilinginya," tulisnya.

"Selain itu, juga tidak diperkenankan untuk melaksanakan I'tikaf dan duduk-duduk, atau membawa makanan dan minuman, serta tempat minum zamzam turut ditutup. Menambahkan juga bahwa langkah-langkah pencegahan ini meliputi penutupan bagian lama Masjid Nabawi, di antaranya Raudah, serta penutupan perkuburan Al Baqi'," sambungnya.

Tonton juga Arab Saudi Setop Umroh,Travel di Sukabumi Terancam Rugi :

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/dhn)