Akui Ada Gangguan, Mahfud Pastikan PON di Papua Akan Tetap Berlangsung

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 17:07 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Foto: Kadek/detikcom
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengakui adanya gangguan terhadap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Papua. Namun dia memastikan penyelenggaraan PON akan tetap berlangsung dengan baik.

"Itu sudah dibicarakan bahwa PON akan tetap berlangsung dengan baik dan pemerintah sudah mengantisipasi semuanya sehingga jawaban Polri itu sudah benar tidak usah saya tambahi lagi," kata Mahfud di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Mahfud mengatakan pihak kepolisian telah menangani permasalahan sesuai dengan prosedur operasi standar (SOP) yang berlaku. Diketahui, PON ini sendiri akan dilaksanakan menjelang akhir 2020.

"Memang ada gangguan seperti itu dan sudah diatasi berdasarkan SOP yang ada di jajaran Polri," sambungnya.

Sebelumnya, ada gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mimika, Papua, yang berulah dengan menyerang mobil patroli hingga kantor polisi. Keamanan di Tembagapura, Mimika, pada Selasa (3/3) lalu masuk ke status siaga satu.

"Iya status keamanan masih siaga satu," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata kepada detikcom.

Pada Senin (2/3) lalu, kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembaki mobil patroli Polsek Tembagapura dan Mapolsek Tembagapura. Lokasi penembakan tersebut tak jauh dari area Freeport.

AKBP Era mengatakan penembakan tersebut tak mengganggu aktivitas karyawan Freeport. Pihaknya juga telah disiagakan di wilayah Tembagapura.

Sementara itu, manajemen Freeport menyatakan belum berencana mengevakuasi karyawannya ke wilayah Timika. Freeport juga menyatakan aktivitas karyawan di area kerja Freeport masih berjalan normal.

"Sampai saat ini belum ada rencana evakuasi karyawan," kata juru bicara PT Freeport, Riza Pratama, saat dimintai konfirmasi terpisah.

"Aktivitas karyawan masih berjalan normal," tambahnya.

Simak juga video Sosialisasikan PON Papua, Kapolda Metro Gelar Kampanye Antinarkoba!:

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)