Kementerian ATR Selesaikan Ratusan Sertifikat Tanah Aset Pemprov Jabar

Trisyana kurniasari - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 12:23 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Kementerian ATR
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan apresiasi kepada Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat dalam menyelesaikan masalah tanah aset Pemprov Jabar yang telah maupun belum bersertifikat. Agenda ini merupakan lanjutan dari Rakernas April lalu oleh Menteri ATR/Kepala BPN dan Jaksa Agung RI.

"Mudah-mudahan permasalahan sertifikasi aset Pemprov Jabar ini dapat segera diselesaikan tanpa menemui banyak kendala. Begitupun permasalahan sengketa kepemilikan maupun perkara di pengadilan," ungkap Ridwan Kamil, dalam keterangan tertulis, Senin (11/2/2020).

Kepala Kanwil BPN Jawa Barat, Yusuf Purnama, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat atas hibah kendaraan operasional dalam penyelesaian sertifikasi aset pertanahan ini. Gubernur Jabar menyerahkan 12 kendaraan operasional berupa satu mobil New Fortuner, empat mobil Toyota HiLUX, dan tujuh mobil Kijang Venturer.

"Kami akan membantu penyertifikatan aset Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang belum bersertifikat, dan akan membantu penyelesaian tanah aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang masih dalam sengketa kepemilikan maupun berperkara di pengadilan. Ini juga merupakan salah satu tujuan dari kerja sama dengan Kejaksaan Negeri," jelas Yusuf.

Penyerahan sertifikasi dilakukan di Rapat Kerja Daerah sekaligus penandatangan perjanjian kerja sama antara Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dengan Kejaksaan Negeri se-Jawa Barat.

"Di tahun 2019 kita targetkan penyertifikatan aset ini sebanyak 300 bidang tanah, semuanya sudah selesai dan sudah diserahkan sebagian dalam acara Hantaru tahun 2019. Sekarang sisanya sebanyak 70 sertifikat akan diserahkan hari ini yang berasal dari Majalengka, Cianjur, Ciamis dan Kabupaten Bandung," lanjut Yusuf.

Di kesempatan yang sama Ade Adiyaksa, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat menyampaikan kerja sama ini bukan hanya dalam penyelesaian permasalahan penegakan hukum dan pemulihan aset di wilayah Jawa Barat, tapi diharapkan juga bisa memberikan masukan positif bagi Hukum Pertanahan yang sudah ada.

Tonton juga Ridwan Kamil Sindir Masyarakat yang Borong Barang Kesehatan :

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)