Round-Up

Kisah Heroik Sertu Iskandar Gugur Terinjak Gajah Liar

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 08:38 WIB
Gajah liar jantan terkena jerat di kaki (dok. BKSDA Aceh)
Foto: Ilustrasi (dok. BKSDA Aceh)
Palembang -

Babinsa Air Sugihan Koramil 402-12/Air Sugihan, Sertu Iskandar, gugur setelah diinjak gajah liar di Desa Banyu Biru, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel). Sertu Iskandar saat itu ingin menghalau gajah yang mengamuk dan menyerang warga.

"Saya dapat laporan dari camat setempat kejadian pukul 09.00 WIB. Ada satu gajah liar ngamuk dan merusak rumah warga di Banyu Biru," tegas Kepala BKSDA Sumsel, Genman Hasibuan, Rabu (4/3/2020).

Tidak lama laporan diterima, Genman pun kembali menerima update terbaru adanya warga pingsan. Warga itu pingsan karena terinjak saat akan mengusir gajah liar itu.

"Saat menerima laporan itu anggota kita langsung ke lokasi. Belum sampai sudah dapat laporan lagi dari camat ada warga diseruduk sampai diinjak gajah, pingsan," katanya.

Gajah liar tersebut, lanjut Genman, masuk dan merusak rumah warga sekitar. Belum dapat dipastikan kondisi terkini karena di lokasi tengah diguyur hujan lebat.

"Komunikasi kita terputus dengan anggota di lapangan. Kondisi di lokasi hujan lebat, akses juga sangat sulit dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Pos Siaga Desa Sidomulyo, Banyuasin," kata Genman.

Terpisah, Kapolsek Air Sugihan OKI, Ipda Bhakti mengatakan, korban yang terinjak gajah merupakan seorang anggota TNI.

"Benar ada TNI meninggal diinjak gajah di Air Sugihan. Korban yakni Sertu Iskandar, Bhabinsa," kata Bhakti ketika dikonfirmasi detikcom, Rabu (4/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2