Polisi Tangkap 7 Orang Sindikat Pemalsu Sertifikat Tanah di Jakarta

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 19:44 WIB
Polda Metro Jaya meringkus tujuh pelaku mafia tanah yang memalsukan dokumen.
Foto: Polda Metro Jaya meringkus tujuh pelaku mafia tanah yang memalsukan dokumen. (Farih-detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya meringkus tujuh pelaku mafia tanah yang memalsukan dokumen. Otak pelaku dari kasus ini merupakan anak korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut ketujuh pelaku itu yakni AF, EN, Y, KS, AFS alias P, dan SW. Para pelaku memiliki peran masing-masing dalam melancarkan aksinya.

"AF otak pelaku, EN bandar narkoba, Y figur istri, KS figur ayah, AFS alias FP pengantar sertifikat palsu, SW pembuat sertifikat palsu," kata Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Yusri menjelaskan peristiwa yang terjadi pada Oktober 2019 itu bermula dari pelaku AF mencuri sertifikat tanah milik orang tuanya di dalam brankas. Setelah berhasil mengambil sertifikat, AF memerintahkan seseorang untuk membuat sertifikat palsu tanah yang terletak di daerah Cipete, Jakarta Selatan.

"Dari sertifikat tanah itu kemudian memerintahkan stafnya untuk berhubungan dengan seseorang FP. Kemudian mendatangi seseorang untuk membuat sertifikat palsu, yang membuat sertifikat palsu itu seorang wanita. KTP juga sama dibuatkan palsu," katanya.