Bergerak Bersama Bangun Kota, Walkot Semarang Diganjar Penghargaan

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 17:11 WIB
Pemkot Semarang
Foto: Pemkot Semarang
Jakarta -

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, kembali meraih penghargaan sebagai The Best in City Transformation. Sekda Kota Semarang, Iswar Aminudin menilai penghargaan ini menjadi sebuah reward sekaligus pengakuan atas kinerja dan kerja keras pemerintah bersama seluruh warga masyarakat di dalam membangun Kota Semarang.

"Ini berarti konsep Bergerak Bersama terbukti telah menggerakkan semua pihak untuk berkontribusi positif bagi pembangunan Kota Semarang sehingga berbagai lompatan pembangunan dapat tercapai," ungkap Iswar dalam keterangan tertulis, Rabu (4/3/2020).

Hal itu disampaikannya saat hadir mewakili wali kota untuk menerima penghargaan dalam ajang Local Leader Forum dan malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) season 5 dan 6 yang digelar di Lido Lake Resort, Sukabumi, Jawa Barat Kamis (27/2/2020).

Lebih lanjut Iswar menjelaskan Wali Kota Semarang sebelumnya telah menjalani proses penilaian dari para panelis yang sangat kompeten di bidangnya. Di antaranya, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik, Rektor Universitas Paramadina Firmanzah, Ketua Pembina Indonesia Institute For Corporate Directorship, serta Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto.

CEO Sindo Media, Sururi Alfaruq, mengucapkan rasa terima kasih kepada para kepala daerah yang telah memberikan visi misi terbaik untuk kemajuan daerahnya dalam Indonesia Visionary Leader.

"Ini sebuah penghargaan yang diberikan oleh SINDO Media sebagai bagian untuk melahirkan leader-leader dari daerah untuk nasional," ujar Sururi.

Program Indonesia Visionary Leader (IVL) adalah ajang bagi para pemimpin daerah untuk membuktikan kekuatan visi kepemimpinannya. Sebanyak 24 kepala daerah menerima penghargaan atas upaya pengembangan wilayahnya. Melalui IVL, diharapkan bobot dari pemimpin daerah semakin kuat dan siap berkompetisi secara nasional.

IVL 2020 merupakan penyelenggaraan kelima dan secara rutin telah dilaksanakan sejak 2017 lalu. Bersamaan dengan malam inagurasi dilaksanakan pula peluncuran buku Indonesia Visionary Leader yang diterbitkan oleh SINDO dan Dirjen Otda Kemendagri. Diharapkan gagasan-gagasan atau visi dari 24 kepala daerah terpilih bisa memberi inspirasi kepada kepala daerah lain serta generasi muda yang akan membaca buku IVL.

"Negara ini membutuhkan banyak orang hebat dari daerah. Dengan berkualitasnya para leader di daerah, tentu akan membuat daerahnya makin maju makin berkembang pesat sehingga tidak ada lagi disparitas antara Jakarta dengan daerah," pungkasnya.

Tonton juga video Penimbun Masker dan Antiseptic di Semarang Dibekuk!:

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)