Ma'ruf Amin Berencana Gelar Pertemuan Tokoh Lintas Agama Sedunia

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 13:38 WIB
Wapres Maruf Amin (Dwi Andayani/detikcom)
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan akan mengadakan pertemuan tokoh-tokoh lintas agama sedunia. Ma'ruf mengatakan pertemuan tersebut digelar untuk menghilangkan radikalisme, terorisme dan islam phobia.

"Kita coba mengadakan pertemuan tokoh-tokoh agama sedunia untuk menghilangkan radikalis, terorisme. Menghilangkan Islam phobia, baik di kalangan Kristen, Yahudi, Hindu. Dan mengikut sertakan tokoh tokoh," kata Ma'ruf dalam sambutannya di acara tasyakuran dan peluncuran 8 buku Azyumardi Azra, di Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (4/3/2020).

Ma'ruf mengatakan, rencana ini sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain itu, Indonesia disebut juga akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut.

"Saya sudah menyampaikan ini pada Presiden, kita mungkin akan mencoba mengadakan pertemuan menjadi tuan rumah daripada pertemuan tokoh-tokoh dunia," kata Ma'ruf.

Ma'ruf juga mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk merukunkan kehidupan beragama hingga menurunkan konflik. Menurutnya penyelesaian konflik dan kerukunan dapat dilakukan melalui pendekatan keagamaan.

"Untuk merukunkan kehidupan umat beragama, tapi juga sekaligus umat beragama ini juga bisa merukunkan konflik-konflik global yang terjadi," kata Ma'ruf.

"Penyelesaian secara politik masih belum mampu menyelesaikan, secara militer apa lagi. Karena itu saya berharap ada pendekatan-pendekatan melalui pendekatan keagamaan dari tokoh-tokoh agama Islam, Kristen, Katolik Protestan, Hindu, Budha, Yahudi untuk membangun dunia baru yang lebih aman dan lebih damai," sambungnya.

(dwia/mae)