Dinkes Sulsel Pantau 49 Orang, 1 Sampel Dikirim ke Kemenkes untuk Cek Corona

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 12:45 WIB
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19.
Ilustrasi pengecekan sampel. (Foto: AP Photo)
Makassar -

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Dinkes Sulsel) telah memeriksa 49 orang yang mengalami gejala demam hingga flu. Satu sampel dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan untuk dicek apakah mengandung virus Corona atau tidak.

"Kami laporkan sampai saat ini sejak tanggal 20 Januari kami beserta tim telah melakukan pemeriksaan terhadap 49 pemantauan, jadi beda ini, jadi cuma karena demam saja itu mereka datang itu langsung kita periksa ini ada sekitar 49 orang dan sekarang sudah sehat semua," ujar Kepala Dinkes Sulsel dr Ichsan Mustari.

Hal itu disampaikan Ichsan saat rapat bersama Komisi E DPRD Sulsel terkait penanganan dan antisipasi Corona di Sulsel di Ruang Rapat Komisi E DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (4/3/2020).

Ichsan mengatakan sampel dari 1 orang yang diperiksa masih menunggu hasil pengujian dari Litbangkes Kementerian Kesehatan.

"Satu orang saat ini dalam observasi, itu pun juga kami menunggu hasil lab dari Jakarta, dari Litbangkes. Kita semua berdoa mudah-mudahan ini tidak ada, ini yang perlu kami laporkan," katanya.

Satu orang yang sampelnya dikirim ke Litbangkes itu saat ini masih diobservasi di RSUP Dr Wahidin, Makassar. Ichsan menegaskan status pasien tersebut masih dalam observasi dan belum terkonfirmasi terjangkit Corona.

"Tapi bukan suspect, ini observasi, artinya jangan salah mengerti. Karena suspect ini masih banyak orang mengerti bahwa itu sudah terdiagnosis, ini salah pengertian. Ini observasi saja, artinya cuma demam saja, mungkin demamnya DBD (demam berdarah dengue), mungkin saja. Jadi ini yang memastikan adalah laboratorium," tegasnya.

Simak Video "Kemenkes: 2 Pasien Positif Corona di RSPI Membaik"

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/jbr)