Cegah Virus Corona, Pemprov Aceh Minta Warga Terapkan Etika Batuk

ADVERTISEMENT

Cegah Virus Corona, Pemprov Aceh Minta Warga Terapkan Etika Batuk

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 12:27 WIB
Sekda Aceh Taqwallah jumpa pers soal antisipasi virus corona. (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Sekda Aceh Taqwallah jumpa pers soal antisipasi virus Corona. (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh -

Pemerintah Aceh meminta masyarakat tetap tenang sembari meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi peredaran virus Corona. Warga Tanah Rencong pun diminta menerapkan etika ketika batuk.

Dalam pernyataan tertulis yang dibacakan Sekda Aceh Taqwallah, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, untuk pencegahan penyebaran virus Corona, perlu upaya penanggulangan yang lebih aktif dalam bentuk kewaspadaan dini, kesiapsiagaan, serta antisipasi pencegahan. Selain itu, perlu dilakukan deteksi, pengobatan, dan respons lain yang diperlukan.

"Lakukan antisipasi, deteksi serta respons terhadap penumpang di bandara dan pelabuhan laut, terutama penumpang internasional," kata Taqwallah saat membacakan keterangan Nova dalam konferensi pers di Banda Aceh, Aceh, Rabu (4/3/2020).

Nova meminta masyarakat Aceh tetap tenang tapi meningkatkan kewaspadaan. Bagi warga yang mengalami gejala demam, batuk, dan sesak napas setelah pulang dari luar negeri, diminta memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit.

Selain itu, warga Tanah Rencong diharapkan menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Tak hanya itu, Nova juga menyarankan masyarakat selalu mencuci tangan setelah batuk atau bersin, menggunakan toilet, dan merawat binatang.

"Masyarakat juga harus menerapkan etika batuk yaitu menutup mulut atau hidung saat bersin atau batuk menggunakan tisu. Selalu pakai masker bila menderita sakit dengan gejala infeksi saluran pernapasan dan segera berobat," jelas Nova.

Nova juga meminta petugas medis tidak panik tapi tetap siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat. Pemerintah Aceh sendiri sudah menunjuk dua rumah sakit untuk menangani jika ada pasien suspek Corona.

Kedua rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh dan Rumah Sakit Cut Mutia Lhokseumawe. Di dua rumah sakit itu sudah disiapkan berbagai peralatan serta ruang khusus untuk menangani pasien Corona.

"Apabila dijumpai suspek Corona segera lakukan langkah-langkah penanganan kasus sesuai pedoman kesiapsiagaan menghadapi Corona yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan," ujar Nova.

Simak Juga Video "Cegah Corona, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Disemprot Desinfektan"

[Gambas:Video 20detik]



(agse/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT