Pasutri Asal Kolaka Diisolasi Usai Umroh, Dinkes: Suspect MERS-CoV

Sitti Harlina - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 10:40 WIB
Ilustrasi cincin
Foto ilustrasi pasangan suami-istri (iStock)
Kendari -

Sepasang suami-istri berinisial AD (69) dan AT (59) asal Kabupaten Kolaka saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Bahteramas, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kedua pasien ini sebelumnya dirujuk dari RSUD Kota Kendari.

Pasutri ini pasien rujukan dari RSUD Kendari. Mereka dirujuk ke RS Bahteramas pada Minggu (1/3/2020) karena mengalami demam di atas 38 derajat Celsius.

"Berdasarkan rujukan dan kunjungan itu sebenarnya dinyatakan suspect MERS-CoV, tapi nanti kita tunggu dulu hasil lab keluar untuk kepastiannya," jelas Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sultra Kartina Razak saat dihubungi, Rabu (4/3).

Dia mengatakan pasutri ini masih menjalani perawatan. Pihaknya juga telah mengirimkan hasil lab atas pemeriksaan kedua pasangan ini usai pulang dari ibadah umroh.

"Pemeriksaannya sudah kami kirimkan ke Balitbang Kes Jakarta, mungkin satu atau dua hari ini hasilnya akan keluar," katanya.

Sementara itu, Plt Dirut Rumah Sakit Bahteramas dr Sjarif Subijakto juga membenarkan terkait pasutri yang hingga saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi. Saat ini kedua pasien masih mengalami batuk-batuk.

"Pasien ini habis pulang dalam melaksanakan umrah selama sepuluh hari, kondisinya membaik tinggal batuk sedikit saja. Sampel pemeriksaan sudah dikirim tinggal tunggu hasilnya keluar," pungkasnya.

(aud/aud)