Tim Samsat Jakbar Razia Gabungan, Bisa Bayar Pajak di Tempat

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 10:02 WIB
Tim Samsat Jakbar
Tim Samsat Jakbar gelar razia (Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Tim Sistem Manunggal Administrasi Satu Atap (Samsat) Jakarta Barat melakukan razia gabungan pajak kendaraan bermotor. Lalu lintas di Jalan Lingkar Luar Rawa Buaya dari Cengkareng menuju Kembangan macet.

Pantauan detikcom, Rabu (4/3/2020), sekitar pukul 08.45 WIB, Ditlantas Jakarta Barat mulai melakukan razia pajak kendaraan. Razia menyasar ke semua pengendara, mulai dari motor, mobil, hingga truk.

Kemacetan terjadi karena kendaraan yang terpaksa berhenti karena ditilang. Beberapa harus menepi ke sisi kiri jalan dan membuat jalan macet. Sementara itu, petugas razia gabungan berjumlah 60 personel. Razia dibagi menjadi tiga kelompok, yakni Satlantas Polres Jakarta Barat, Sudin Perhubungan, dan Jasa Raharja.

"Petugas ada sekitar 60 personel, dari Kepolisian, Sudin Perhubungan, dan Jasa Raharja," kata Kepala Unit Pelayanan, Pemungutan, Pajak Kendaraan Bermotor Jakarta Barat, Hawan Aries Bhirawa, Rabu (4/3/2020).

Tim Samsat Jakarta Barat melakukan dua langkah kepada pengendara yang belum membayar pajak. Mereka bisa langsung membayar di bus pelayanan Samsat Keliling di lokasi khusus untuk warga DKI Jakarta atau dilakukan tindakan penilangan untuk warga di luar DKI Jakarta.

"Kalau kendaraan dia belum bayar pajak khusus DKI jika ingin membayar kami memberikan kemudahan bisa membayar langsung di Samsat Keliling. Kalau di luar DKI dilakukan tilang," ujar Hawan.

Targetkan Pemasukan Pajak Rp 9,5 T Setahun

Menjelang tuntas razia, Pelaksana Tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Sri Haryati, ikut memantau. Dia mengaku menargetkan pendapatan pajak Rp 9,1 triliun selama setahun.

"Kalau untuk satu provinsi kita Rp 9,1 triliun ya. Untuk yang di sini (Jakarta Barat) Rp 2,1 triliun untuk dalam setahun. Kita sudah punya tuh target-target dalam bulanan, target triwulan, sampai dengan target tahunan," ujar Sri Haryanti.

Tim Samsat Jakbar Razia Gabungan, Bisa Bayar Pajak di TempatPelaksana Tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Sri Haryati (Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)



Sri mengatakan akan dilakukan 40 kali razia gabungan di seluruh DKI Jakarta dalam setahun. Dalam pelaksanaan razia gabungan, tim Samsat Jakbar dibantu Sudin Perhubungan dan Jasa Raharja.

"Di Bapenda sendiri punya aplikasi khusus sehingga bisa memantau dengan memasukkan nomor kendaraan dan lain-lain kita bisa tahu kendaraan tersebut atas nama siapa, kapan pajaknya berakhir. Kalau dia belum bayar nanti ada tandanya BDU, belum daftar ulang ya," kata Sri.

(asp/asp)