PDIP: Kepala Daerah Jangan Jadikan Isu Corona sebagai Komoditas

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 07:46 WIB
Politisi PDIP Arif Wibowo meninggalkan gedung KPK sambil tergopoh-gopoh. Ia diperiksa sebagai saksi untuk Irvanto dan Made Oka.
Wakil Ketua Komisi II DPR dari PDIP, Arif Wibowo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md mengingatkan agar kepala daerah berhati-hati dalam menangani isu corona, supaya tidak terkesan mencari panggung di tengah wabah. PDIP sepakat. Kepala daerah tak perlu pula menjadikan isu corona sebagai dagangan politik.

"Kepala daerah sebaiknya meningkatkan koordinasi, tidak usah berwacana. Jangan jadikan isu corona sebagai komoditas politik," kata Wakil Sekjen PDIP Bidang Program Pemerintahan, Arif Wibowo, kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).

Arif juga Wakil Ketua Komisi II, komisi yang membidangi otonomi daerah di DPR. Dia menilai rakyat sekarang membutuhkan langkah nyata dari kepala daerahnya untuk menangkal bahaya COVID-19 secara cepat.

"Jangan pula kepala daerah menakut-nakuti rakyat. Hati rakyat harus dibesarkan. Kepala daerah melangkah nyata dan konkret saja, soal sosialisasi, soal menjelaskan bagaimana mencegah corona, bila ada kasus corona melapor ke mana, dan hal konkret lainnya," kata Arif.