NasDem: Mahfud Tak Perlu Larang Kepala Daerah Cari Panggung Isu Corona

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 06:20 WIB
Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa
Wakil Ketua Komisi II DPR dari Partai NasDem, Saan Mustopa. (Mochamad Solehudin/detikcom)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md meminta para kepala daerah berhati-hati membuat pernyataan supaya tidak terkesan mencari panggung di isu virus corona. Hal itu disampaikan Mahfud di depan publik. Anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem menilai Mahfud tak perlu melakukan itu.

"Jadi, Pak Mahfud tidak perlu mengatakan 'ini jangan dijadikan panggung politik' dan sebagainya. Kalau perlu, secepatnya pemerintah pusat berkonsolidasi dengan pemerintah daerah dengan cara memanggil, membahas bagaimana cara menangani corona ini, jadi bukan berwacana di publik," kata Sekretaris Fraksi NasDem DPR, Saan Mustopa, kepada wartawan, Rabu (4/3/2020).

Saan merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR, komisi yang membidangi otonomi daerah. Menurutnya, kepala daerah memang perlu berbicara di depan rakyatnya supaya rakyat merasa keamanannya terjamin. Bukan berarti kepala daerah sedang mencari panggung politik, apalagi panggung politik Pilpres 2024.

"Kita berpikir positif. Ini kan masih terlalu dini kalau misalnya kepala daerah memainkan isu ini dalam konteks untuk mencari panggung politik. Menurut saya, marilah sama-sama berpikir positif dan fokus soal penanganan virus corona," kata Saan.

Menurutnya, kepala daerah berbicara di depan khalayak di wilayahnya adalah hal yang wajar, apalagi yang kini dihadapi bersama adalah virus corona. Kepala daerah bertanggung jawab atas keamanan warganya.