Wamendes Ingin Seluruh Wilayah Indonesia Tersambung Listrik di 2020

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 19:34 WIB
Kemendes
Foto: Kemendes PDTT
Jakarta -

Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi menerima kunjungan Direktur Bisnis PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Regional Maluku dan Papua Ahmad Rofik di Kantor Kemendes PDTT Jakarta. Pada pertemuan itu, Budi mendorong agar pemerataan aliran listrik untuk membuat Indonesia terbebas dari kegelapan.

"Sudah saatnya Indonesia terbebas dari kegelapan," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (3/3/2020).

Budi menjelaskan masih ada 433 desa yang masih tanpa listrik di 4 Provinsi Indonesia Timur, seperti di Provinsi Papua 325 Kampung, di Papua Barat 102 Kampung, di NTT 5 Desa dan Maluku 1 desa.

Menurutnya, kondisi geografis 433 daerah itu memang berat, mengingat luas wilayah dan sebagian besar di daerah pegunungan. Namun tekad membebaskan Indonesia dari kegelapan harus terus digalakkan.

"Untuk hadiah ulang tahun Republik Indonesia ke-75, 433 desa yang masih tanpa listrik harus nyala, 433 desa harus mendapatkan aliran listrik," imbuhnya.

Budi menyatakan, ini merupakan bentuk kehadiran negara dan keberpihakan negara kepada rakyat. Negara terus berusaha agar desa-desa tersebut bisa terang benderang tahun ini.

"Negara hadir dan berpihak untuk rakyat. Karena itu, seluruh pihak harus bergotong royong dan bertekad mewujudkan Indonesia terbebas dari kegelapan pada ulang tahun Republik Indonesia ke-75," pungkasnya.

Simak Video "Tower Sutet Roboh Timpa Rumah di Rembang, Listrik di 3 Daerah Padam"

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)