Begini Pengawasan Corona di Bandara Soetta Setelah WNI Positif Corona

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 17:53 WIB
Dua warga negara Indonesia positif virus corona atau Covid-19. Pengawasan di terminal kedatangan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diperketat.
Pengawasan virus corona di Bandara Soetta. Foto: Zunita/detikcom
Tangerang -

Dua warga negara Indonesia positif virus corona atau Covid-19. Pengawasan di terminal kedatangan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diperketat.

Begitu turun dari pesawat di Bandara Soetta pukul 16.00 WIB sore ini, Selasa (3/3/2020), penumpang yang berasal dari luar negeri langsung diarahkan untuk mengisi data diri di kertas yang bertuliskan 'Kartu Kewaspadaan Kesehatan' dari Kemenkes.

Kartu yang berwarna kuning ini wajib diisi bagi penumpang dari luar negeri. Penumpang diwajibkan mengisi data diri, nomor paspor, datang dari negara mana, data pesawat hingga nomor kursi.

Dalam formulir itu juga disediakan kolom keluhan penyakit seperti demam, sesak nafas, diare, kejang dan lainnya. Setelah penumpang dari luar negeri selesai mengisi kartu itu, kemudian diserahkan ke petugas Kemenkes yang berjaga, yang mengenakan rompi berwarna kuning bertuliskan Kemenkes RI.

Petugas kemudian memeriksa kartu lalu merobek bagian kolom yang telah terisi. Kemudian petugas mendeteksi suhu tubuh para penumpang dengan menggunakan alat.

"Ini kertas kuningnya disimpan ya selama 2 minggu. Jika mengeluhkan sakit kertasnya dibawa ya ke rumah sakit," kata salah seorang petugas di lokasi kepada penumpang.

Pengecekan suhu tubuh itu diberlakukan ke semua penumpang yang sudah mengisi kartu. Penumpang yang hendak menuju imigrasi untuk keluar bandara harus berjejer dan diperiksa terlebih dahulu tanpa terkecuali. Petugas yang memeriksa tampak juga mengenakan masker.

"Suhu 38,8 derajat, normal, silakan lanjut," kata petugas yang memeriksa.

Reporter detikcom juga melewati pengawasan di terminal kedatangan Bandara Soetta pada 2 Maret lalu. Saat itu, tidak semua penumpang dicek suhu tubuhnya. Jika penumpang sengaja mau menghindari petugas, hal ini mudah saja untuk dilakukan. Nah, hari ini, semua penumpang tanpa kecuali dicek suhu tubuhnya.

Kembali ke cerita hari ini, sebelum tiba di Bandara Soetta, reporter detikcom juga mengunjungi Bandara Doha, Qatar dan Bandara Kabul, Afghanistan. Di sana tidak ada pengawasan seperti yang dilakukan Kemenkes di Bandara Soetta Jakarta.

Namun, saat detikcom transit di Bandara Kuwait, petugas bandara melakukan pengecekan suhu tubuh. Namun, penumpang tidak harus mengisi data diri ataupun riwayat kesehatan seperti di Jakarta.

(zap/tor)