Pasar Jaya Akan Batasi Pembelian Masker dan Hand Sanitizer

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 16:48 WIB
Dua orang Indonesia positif tertular virus corona. Kabar geger tersebut menyebabkan sejumlah warga Jakarta menyerbu Pasar Pramuka.
Foto: Ilustrasi masker kosong (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Perumda Pasar Jaya akan membatasi pembelian masker dan hand sanitizer di pusat grosir sampai gerai toko milik mereka. Pembatasan dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan barang tersebut terkait heboh virus Corona.

"Lebih ke pemerataan, agar masyarakat dapat punya kesempatan lebih besar. Kalau tidak dibatasi nanti borong, kasihan yang lain," ucap Manajer Umum dan Humas Pasar Jaya, Gatra Vaganza, saat dihubungi, Selasa (3/3/2020).

Menurut Gatra, saat ini Pasar Jaya memiliki 1.450 boks masker, dan 2.500 galon hand sanitizer. Harga jual untuk masker merek Well Best Rp 300 ribu per boks, dan Rp 6.500 per buah. Sementara haraga hand sanitizer Rp 850 ribu per 10 liter, dan Rp 450 ribu per 5 liter.

"Pembeli hanya bisa membeli maksimal 1 boks masker, dan 10 liter hand sanitizer," kata Gatra.

"Nanti coba akan kita distribusikan di JakGrosir dan seluruh gerai JakMart, Mini DC, dan gerai-gerai lainnya," ucap Gatra.

Seperti diketahui, beberapa toko dan apotek di Jakarta mengalami kehabisan stok masker. Jika pun ada, harganya cukup tinggi.

Pantauan detikcom di Pasar Pramuka, Jakarta Timur, tampak pembeli beramai-ramai memadati setiap toko obat dan alat kesehatan. Dua barang yang paling dicari adalah masker dan disinfektan.

Ketika pembeli mengunjungi toko, masker merek Sensi adalah yang paling sering dicari warga. Stok masker merek ini di beberapa toko mulai habis. Jika pun ada, harganya menembus Rp 400 ribu.

"Sensi Rp 400 ribu, Kak. (Disinfektan) yang gede (ukuran 5 liter) Rp 750 ribu," ujar pedagang Toko Tujuh Enam bernama Sana di lokasi.

Sana menuturkan tak ada batas pembelian masker dan disinfektan. "Nggak, nggak dibatasin, bebas mau beli berapa aja asalkan stok yang ada di etalase," sambung dia.

Simak Video "Ingat! Penimbun-Penjual Masker Harga Tinggi Dipidana"

[Gambas:Video 20detik]



(aik/gbr)