Jokowi Siapkan RS Khusus di Kepri Tangani Virus Corona

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 15:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat soal pusat data nasional
Presiden Jokowi (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya merenovasi RS di Pulau Galang, Kepulauan Riau. RS itu akan diperuntukkan khusus buat menangani virus Corona.

Jokowi menjelaskan bangunan RS di Pulau Galang sudah ada, tapi sudah lama tak beroperasi sehingga perlu diperbaiki. Jokowi juga menuturkan Indonesia memiliki banyak pulau yang bisa dijadikan tempat evakuasi pasien virus Corona.

"Bukan bangun, karena fasilitas ada tapi lama tidak digunakan, akan renovasi dalam waktu cepat. Kita miliki Pulau Sebaru, Pulau Galang, Natuna, pilihan-pilihan. Tidak semua harus dibawa di Sebaru," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

Jokowi mengatakan, dalam waktu cepat, RS direnovasi. Selain itu, terdapat 132 RS di berbagai provinsi yang memiliki ruang khusus isolasi.

"Ya karena kita ingin ada kecepatan, kita ingin fasilitas yang betul-betul siap setiap saat dan tidak bergantung. Negara kita sangat luas sehingga kita harapkan pada titik tertentu memiliki meskipun kita setiap daerah ada 132 RS yang siap fasilitas isolasi," kata Jokowi.

"Yang kita perlukan seperti Sebaru dan Pulau Galang," tambahnya.

Masih terkait Corona, sebelumnya Jokowi juga memperingatkan para pihak yang hendak memanfaatkan situasi untuk meraup untung besar dengan cara menaikkan harga masker muka. Jokowi memerintahkan Kapolri Jenderal Idham Azis menindak penimbun dan penjual masker dengan harga mahal.

(dkp/aud)