Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Agar Bisa Ikut SNMPTN

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 15:04 WIB
kip
Foto: Deni Prastyo Utomo/Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Agar Bisa Ikut SNMPTN
Jakarta -

Pemilik Kartu Indonesia Pintar atau KIP kini bisa melakukan pendaftaran SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dengan mengajukan permohonan KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dibuka pada tanggal 2-31 Maret 2020 hingga pukul 23.59 WIB lewat laman laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

"Tahun ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan KIP Kuliah agar terintegrasi dengan kebijakan yang dilaksanakan lima tahun terakhir. Yaitu KIP yang dimiliki siswa SMA maupun SMK. Kebijakan KIP Kuliah untuk sementara hanya untuk calon mahasiswa baru," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam dikutip dari laman Kemendikbud.

Tujuan KIP Kuliah memungkinkan siswa tidak mampu mengakses pendidikan hingga tingkat universitas atau perguruan tinggi. Dengan begitu terjadi pemerataan kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi.

Apakah KIP Kuliah sama dengan Bidikmisi?

Menurut Nizam, KIP Kuliah adalah penguatan bidikmisi yaitu program beasiswa untuk siswa dari keluarga tidak mampu yang telah ada sebelumnya. KIP Kuliah memungkinkan akses yang lebih luas meliputi vokasi dan politeknik.

Pendaftaran SNMPTN awalnya akan ditutup pada 27 Februari 2020 pukul 23.50, namun disediakan perpanjangan waktu bagi yang siswa tidak mampu yang butuh KIP Kuliah. Perpanjangan waktu pendaftaran SNMPTN menyesuaikan dengan KIP Kuliah yaitu 2-31 Maret 2020. Dengan perpanjangan ini, masih tersedia waktu bagi siswa tidak mampu untuk mendapatkan KIP Kuliah dan mendaftar SNMPTN.

Prosedur dan Syarat KIP Kuliah

A. Prosedur pendaftaran KIP Kuliah

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran mandiri pada situs Sistem KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau KIP Kuliah mobile apps, yang segera tersedia di Google play store

2. Saat pendaftaran masukkan data NIK, NISN, NPSN, dan alamat email siswa yang valid dan aktif

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapat KIP Kuliah

4. Jika validasi berhasil, sistem KIP Kuliah mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan

baca juga

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti yaitu SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, atau Mandiri

6. Tahap selanjutnya adalah penyelesaian proses pendaftaran di sistem seleksi nasional sesuai pilihan

7. Sebelum sistem pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa bisa melakukan pendaftaran di sistem informasi seleksi nasional lebih dulu. Proses sinkronisasi antara sistem KIP Kuliah dan seleksi nasional dilakukan dengan skema host to host

8. Bagai calon penerima KIP Kuliah (https://www.detik.com/tag/kip-kuliah) yang diterima perguruan tinggi, verifikasi lebih lanjut dilakukan pihak perkuliahan sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah

B. Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

1. Merupakan siswa SMA atau sederajat yang lulus, akan lulus pada tahun berjalan, atau telah lulus maksimal dua tahun sebelumnya

2. Punya NIK, NISN, NPSN, potensi akademik yang baik, dan dokumen sah yang menyatakan keterbatasan ekonomi

3. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik, serta punya Kartu Keluarga Sejahtera atau KIP

4. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditas A, B, atau C dengan pertimbangan tertentu.

C. Jumlah uang KIP Kuliah

Berita tentang KIP Kuliah mendapat sambutan positif karena penerima bisa mengakses politeknik dan vokasi, tidak hanya program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Jumlah uang KIP Kuliah kurang lebih sama dengan yang diperoleh penerima bidikmisi. Total biaya tersebut adalah Rp 2,4 juta untuk biaya kuliah dan kehidupan sehari-hari sebesar Rp 4,2 juta persemester. Bagi yang sekolah vokasi, menerima uang tambahan Rp 800 ribu untuk mendapat sertifikat kompetensi.

KIP Kuliah untuk gap year tersedia bagi siswa sesuai yang tercantum dalam syarat pendaftaran. Gap year adalah sebutan bagi siswa yang tidak langsung kuliah usai lulus SMA atau sekolah sederajat. Gap year dibatasi dua tahun sebelum akhirnya daftar masuk kuliah. KIP Kuliah saat ini tersedia untuk mahasiwa program S1 di PTN, PTS, politeknik, atau vokasi.

(row/erd)