Round-Up

Fakta-fakta Sejauh Ini tentang Guru Dansa Tertular Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 08:52 WIB
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya.
Foto ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)

8. Rumah di Depok disemprot disinfektan, digaris polisi

Mabes Polri menurunkan tim Kimia, Biologi dan Radioaktif (KBR) untuk melakukan penyemprotan disinfektan di rumah korban virus Corona di Depok, Senin (2/3) malam. Bahkan, rumah itu juga diberi garis polisi. Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto mempertanyakan alasan rumah dua WNI yang positif virus Corona di Depok, Jawa Barat, dipasangi garis polisi.

"Emangnya virus itu tahu itu garis polisi apa nggak? Entah kenapa sih berlebihan," kata Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

9. Kondisi guru dansa dan ibunya baik

Guru dansa dan ibunya dirawat di RSPI Sulianti Saroso. Mereka berdua kini dalam kondisi baik, tidak sesak napas, tidak demam, dan bisa makan dengan lancar.

"Mengenai Corona, yang sekarang dua orang itu dirawat di RS Sulianto Saroso dan dirawat di ruang isolasi itu kondisinya baik," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kepada wartawan dalam konferensi pers di Kantor Kemenkes, Jl Rasuna Said, Jaksel, Senin (2/3) kemarin.

10. 70-an tenaga medis RS Mitra Keluarga Depok 'dirumahkan'

Sekitar 70-an tenaga medis RS Mitra Keluarga Depok 'dirumahkan' sementara, atau diliburkan sementara, karena sempat berkontak dengan guru dansa dan ibunya. Menkes Terawan menilai itu berlebihan.

"Sebenarnya dia cukup pakai masker. Kalau sudah tertutup gitu cukup pakai masker. Berangkat lagi ke kantor juga di sini nggak ada masalah. Kerja aja seperti biasa. Cuman dia pakai masker, dia harus cuci tangan hidup yang bersih. Setelah 2 minggu dilepas aja maskernya," kata Terawan.


(dnu/dnu)