Round-Up

Fakta-fakta Sejauh Ini tentang Guru Dansa Tertular Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 08:52 WIB
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya.
Foto ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)

5. Sempat dijenguk warga

Virus kemudian menular ke ibunda dari guru dansa, yakni perempuan usia 64 tahun. Sebelum akhirnya dinyatakan positif virus Corona, kedua korban tersebut sempat dijenguk oleh beberapa tetangganya.

6. Dirawat di RSPI Sulianto Saroso

Sejak 1 Maret, guru dansa dan ibundanya dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Barulah pada 2 Maret, mereka dinyatakan positif corona. Mereka masih batuk-batuk ringan.

7. Warga sekitar dipantau

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memantau 48 warga yang sempat dekat hingga erat dengan 2 pasien positif virus Corona asal Depok, Jawa Barat (Jabar). Para warga ini terdata berinteraksi langsung dengan dua pasien tersebut.

"Jumlah boleh, tetapi belum total, yang dekat, erat, yang ada dalam satu ruangan atau satu area. Itu sudah kami lakukan semuanya. Yang untuk sementara, aku ngomomg sementara ya. Plus contact, second contact, self contact kita sudah sampai ke angka 48 orang," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Anung Sugiantono di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (2/3).