Soal Imbauan Wali Kota Depok, Apakah Tak Merokok Bisa Cegah Corona?

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 08:47 WIB
Depok merupakan wilayah yang berbatasan dengan Jakarta. Imbasnya, banyak para pencari nafkah di ibu kota yang membidik kawasan itu untuk bangun tempat tinggal.
Foto ilustrasi: Kota Depok, Jawa Barat (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Depok Muhammad Idris Abdul Somad menyampaikan imbauan untuk mencegah penularan virus corona, salah satunya adalah jangan merokok. Apa benar tidak merokok bisa mencegah corona?

"Merokok melemahkan tubuh atau menurunkan kekebalan, saya setuju," tanggap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Anung Sugiantono, kepada detikcom, Selasa (3/3/2020).

Soal imbauan Wali Kota Depok Idris, spesifik mengenai rokok, Anung sepakat dengan separuh penjelasannya. Kata Anung, rokok bisa melemahkan tubuh. Tapi Anung tidak sepakat bila dikatakan rokok bisa mencegah corona.

"Tapi kalau dibalik tidak merokok mencegah corona kurang pas kalau perilaku lain tidak dikemukakan," kata Anung.

Tidak merokok hanyalah satu dari banyak komponen gaya hidup sehat. Selain tidak merokok, masih banyak poin gaya hidup sehat lain yang perlu diterapkan supaya tubuh tidak mudah gampang sakit, khususnya sakit gara-gara serangan virus corona.

"Perilaku lain yang perlu diterapkan untuk mencegah corona termasuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengonsumsi makanan bergizi, dan tidak dekat dengan yang sakit," tutur Anung.

Tonton juga Ridwan Kamil Beri 10 Ribu Masker ke Wali Kota Depok :

Selanjutnya
Halaman
1 2