Jalur Pantura di Tambakrejo Pasuruan Ditutup Akibat Banjir

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 02:21 WIB
Jalur Pantura Pasuruan Terendam
Foto: Jalur Pantura Pasuruan Terendam (Muhajir Arifin/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah sungai besar di Pasuruan kembali meluap akibat hujan lebat yang terjadi sejak siang hari. Luapan sungai merendam Jalan Raya Tambakrejo, di Jalur Pantura sehingga harus ditutup.

"Jalan Raya Tambakrejo sudah ditutup. Kendaraan diarahkan ke tol," kata Kapolsek Gadingrejo Kompol Timbul Wahono saat dihubungi, Senin (2/3/2020) malam.



Sementara di Jalan Raya Ir. H. Juanda terjadi kemacetan luar biasa. Kendaraan dari arah barat dipaksakan melintas karena nggak ada jalan lain. Sedangkan kendaraan dari arah timur diarahkan ke Jalur Lingkar Selatan.

Luapan Sungai Welang juga menyebabkan Desa Sukorejo, Kecamatan Pohjentrek dan Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton wilayah Kabupaten Pasuruan banjir. Banjir di dua desa ini mencapai 80 centimeter hingga 1 meter.



Selain menyebabkan jalan terendam, luapan sungai juga mengenai pemukiman warga. Banjir menggenangi Kelurahan Karangketug, Karangwingko dan Darmoyudo.

"Banyak permukiman warga banjir malam ini. Di antaranya Kelurahan Karangketug akibat luapan Sungai Welang, Kelurahan Karangwingko dan Kelurahan Darmoyudo akibat luapan Sungai Gembong. Jalan Diponegoro juga banjir. Di Dusun Karangasem Kelurahan Karangketug sudah mencapai 1 meter," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi saat dihubungi terpisah.

(lir/lir)