Dinkes DKI dan Kementerian Kesehatan Bahas Penambahan RS Rujukan Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 03 Mar 2020 00:34 WIB
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya.
RSPI Sulianti Saroso Siap Antisipasi Virus Corona. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta ingin ada tambahan rumah sakit (RS) rujukan untuk penanganan virus Corona. Dinkes DKI sebut sedang ada pembahasan dengan Kementerian Kesehatan RI.

"Sudah ditetapkan Kemenkes ada tiga, RSPI Sulianti Saroso, RSPAD, dan RSUP Persahabatan. Kami sedang membahas bersama dengan tim Kemenkes untuk penambahan rumah sakit rujukan," ucap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Widyastuti belum mau memberitahu RS mana saja yang sedang dibahas untuk jadi lokasi rujukan Corona.

"Sedang dalam tahap bahasan. Akan segera kita infokan," kata Widyastuti.

Sementara itu, Dinkes mengaku memiliki kecukupan petugas untuk penanganan. Masyarakat yang mengaku mengalami gejala Corona akan mendapat pelayanan maksimal di tiap fasilitas kesehatan.

"Secara jumlah tentunya saya belum bisa sebutkan (yang siaga) sekarang. Tapi poinnya adalah tim kita mulai dari Puskesmas Kecamatan, RSUD dan rumah sakit vertikal semuanya siap. Total jumlah pegawai kami baik yang ASN dan non ASN ada sekitar 19 ribu orang," ucap Widyastuti.

Diketahui dua orang di Depok, Jawa Barat positif virus Corona di Jakarta. Mereka kini dirawat di RSPI Sulanti Saroso.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat yang merasa mengalami gejala virus Corona untuk tidak langsung ke fasilitas kesehatan. Mereka diharuskan untuk menghubungi call canter 112 atau 119.

"Mengapa? Karena bila sampai itu confirm (Corona) untuk mengurangi potensi penularan, kami yang akan jemput. Akan ditelepon, akan dilakukan diagnosis telepon, akan didatangi dan akan di bawa ke fasilitas kesehatan," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

(aik/idn)