70 Tenaga Medis di Depok Dirumahkan terkait Corona, Menkes: Cukup Pakai Masker

Wilda Nufus - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 21:21 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Menkes Terawan Agus Putranto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menkes Terawan Agus Putranto menilai berlebihan terkait 70 petugas medis di Depok, Jabar yang dirumahkan gegara corona. Terawan justru berkelakar petugas medis tak kerja bisa dipotong gaji.

"Ya berlebihan (merumahkan 70 petugas medis). Kalaupun nggak kerja ya potong gajinya," kata Terawan di RS Mitra Keluarga, Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, (2/3/2020).

Terawan menilai, seharusnya tak perlu sampai dirumahkan. Petugas medis, menurut dia, cukup memakai masker sebagai pencegahan virus menular.

"Sebenarnya dia cukup pakai masker. Kalau sudah tertutup gitu cukup pakai masker. Berangkat lagi ke kantor juga di sini nggak ada masalah. Kerja aja seperti biasa. Cuman dia pakai masker, dia harus cuci tangan hidup yang bersih. Setelah 2 minggu dilepas aja maskernya," kata Terawan.

Mantan Kepala RSPAD tersebut, juga menuturkan bahwa pengawasan terhadap 70 petugas medis akan melibatkan para dokter dan dari dinas kesehatan. Hal itu dilakukan agar pengawasan lebih terkendali.

"Kan pengawasannya sudah jelas. Jadi apalagi di sini melibatkan juga dokter sama perawat yang selama ini terlibat ya mereka sudah saling bertanggung jawab dari dinas kesehatan melakukan pengawasan," ujarnya.

Terawan menyebut tindakan merumahkan 70 petugas medis akan membuat mereka menjadi stres dan imunitas menurun. Dengan 'mengkarantinakan', menurut Terawan, justru akan menambah stigma baru.

"Dirumahkan nanti setres, badannya terus jadi imunitasnya turun jadi sakit. Nanti begitu sakit bukan karena virus yang ini diduga karena virus corona. Nanti tambah repot kita," katanya.

(idn/idn)