Depok Bentuk Crisis Center Corona Besok, RSUD Siap Jadi Tempat Isolasi

Rahel Narda Catherine - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 20:38 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) akan menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok sebagai tempat penanganan virus corona di Depok.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bicara soal penanganan virus Corona di Depok. (Rahel Narda/detikcom)
Depok -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) akan menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok sebagai tempat penanganan virus Corona di Depok. Dia mengatakan satu lantai dari RSUD yang sudah ditugaskan di Jawa Barat akan digunakan sebagai tempat isolasi penanganan Corona.

"Besok Kota Depok akan membentuk COVID-19 Crisis Center yang dipimpin langsung oleh Pak Wali Kota, dan saya akan membuat hal yang sama, Provinsi Jabar COVID-19 Crisis Center nanti satu pintu terhadap semua informasi yang terkait dengan penanganan ini," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Balai Kota Depok, Jl Margonda, Depok, Senin (2/3/2020).

Ridwan Kamil mengatakan seluruh RSUD di Jawa Barat juga siap menjadi lokasi untuk isolasi virus Corona, seumpama virus itu mewabah. Pria yang akrab disapa Kang Emil memaparkan kesiapan wilayahnya menghadapi virus Corona.

"Sama saya kira pemerintah sudah siap ada 100 rumah sakit di Indonesia yang disiapkan. Jawa Barat juga sudah menyiapkan sekitar 28 rumah sakit daerah dan Rumah Sakit Hasan Sadikin sebagai tempat untuk proses ini dan saya mengucapkan terima kasih tadi laporan dari Pak Wali semua turun memastikan kondisi normal yang kita bisa hadir," kata Kang Emil.

"Semua rumah sakit umum daerah (RSUD) yang ditugaskan. Jadi nanti rumah sakit umum daerah, Bu Direktur tadi sudah melaporkan 1 lantai siap minimal ada 30 kapasitas untuk isolasi. Itu sudah siap untuk disiapkan jaga-jaga dibutuhkan," sambungnya.

Ridwan mengatakan rumah sakit swasta juga dapat berpartisipasi menjadi tempat isolasi penanganan Corona. Namun rumah sakit swasta tersebut harus mendapatkan izin dari Tim Crisis Center.

"Kalau nanti rumah sakit swasta mau berpartisipasi silakan. Tapi tentu dapat clearance dari tim crisis center," ucap Ridwan.

Seperti diketahui, dua warga Depok positif terkena dampak virus Corona. Keduanya kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

"Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain," kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

(tor/tor)