Jurus Jepang dan Singapura Mengatasi Virus Corona

pal - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 19:47 WIB
Kasus virus corona di China dan negara lain terus bertambah. Walaupun begitu, sebanyak 10.844 pasien virus corona di China daratan telah berhasil sembuh.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Pemerintah Indonesia hari ini secara resmi mengumumkan dua warga negara Indonesia terinfeksi virus corona COVID-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berusaha meyakinkan virus corona COVID-19 bukan hal yang sangat menakutkan. Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto itu juga mengaku percaya diri menghadapi penyebaran virus ini.

"Ya itu tergantung kita semua maunya ke mana, maunya apa, yang jelas pemerintah jujur selalu apa adanya. Kamu lihatlah Menkes confident (percaya diri) banget kok, yakin apa yang harus dihadapi," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Dia juga menanggapi masker yang semakin langka di pasaran. Menurut Terawan, masker hanya bagi mereka yang sakit. Dia pun mengimbau masyarakat yang berada dalam kondisi sehat tak usah memakai masker.

"Tetap keputusannya dari WHO yang sakit yang pakai masker. Yang sehat enggak usah. Kenapa? Karena apa? Kalau yang sehat pakai juga percuma, dia nanti megang-megang tangannya dan sebagainya. Tetap saja bisa kena," ujar dokter spesialis radiologi itu.

Lalu bagaimana usaha negara-negara lain untuk meminimalisir penyebaran virus corona