Massa Ormas Islam Demo Konjen India di Medan Bubar

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 18:24 WIB
Massa salat asar berjemaah di depan Konjen India, Medan sebelum membubarkan diri.
Foto: Massa salat asar berjemaah di depan Konjen India, Medan sebelum membubarkan diri. (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Massa ormas Islam yang berdemonstrasi terkait kekerasan sektarian membubarkan diri. Mereka bubar usai salat asar berjemaah di depan Konjen India, Medan, Sumatera Utara.

Pantauan detikcom di Jalan Uskup Agung, Medan, massa mulai salat berjemaah sekitar pukul 16.00 WIB, Senin (2/3/2020). Mereka membentangkan spanduk, kain, hingga poster sebagai alas salat.

Massa sebelumnya menyampaikan protes terkait kekerasan sektarian di India. Mereka juga sempat meminta dialog dengan pihak Konjen India namun tak dipenuhi.

Dua orang Wakil Ketua DPRD Sumut yakni Salman Alfarisi dan Rahmansyah Sibarani juga ikut dalam aksi ini. Kedua Waket DPRD ini ikut bersama massa aksi yang sebelumnya menggelar aksi di gedung DPRD.

Di depan massa aksi, Rahmansyah Sibarani ikut mengecam kekerasan sektarian di India. Dia mengatakan DPRD Sumut akan menyurati pemerintah pusat untuk mengecam aksi kekerasan di India itu.

"Setelah ini kami akan menyurati pemerintah pusat agar mengecam aksi di India," ujar Rahmansyah dari atas mobil komando.

Sekitar pukul 17.30 WIB, massa mulai membubarkan diri. Mereka berjalan meninggalkan lokasi aksi.

(idh/idh)