ADVERTISEMENT

Kemenkes Pantau 48 Warga yang Sempat Erat-Dekat dengan 2 Pasien Corona

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 18:16 WIB
Kemenkes
Foto: Rolando/detikcom
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memantau 48 warga yang sempat dekat hingga erat dengan 2 pasien positif virus Corona asal Depok, Jawa Barat (Jabar). Para warga ini terdata berinteraksi langsung dengan dua pasien tersebut.

"Jumlah boleh, tetapi belum total, yang dekat, erat, yang ada dalam satu ruangan atau satu area. Itu sudah kami lakukan semuanya. Yang untuk sementara, aku ngomomg sementara ya. Plus contact, second contact, self contact kita sudah sampai ke angka 48 orang," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Anung Sugiantono di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).

"Di mana saja? Ini tiga kategori erat, dekat, dan with area, selesai," imbuh Anung.

Untuk warga yang sempat erat dengan 2 pasien itu, Anung mengatakan, diwajibkan menjalani pemeriksaan laboratorium. Sedangkan yang dekat dilakukan pemantauan.

"Setelah itu, kita lakukan clustering, kalau saya erat dengan kontak yang dinyatakan positif, maka saya wajib dilakukan pemeriksaan laboratorium. Tetapi kalau saya dekat dengan yang dinyatakan positif, itu saya berada dalam proses pemantauan," ujar Anung.

Bila yang dekat jumlahnya satu, Anung mengambil sampel dari para warga tersebut untuk pemeriksaan. Sedangkan warga yang sempat satu ruangan dengan 2 pasien tersebut termasuk dilakukan pemantauan.

"Kalau jumlahnya lebih dari satu, maka pemantauan ini bisa dilakukan pengambilan sampel secara acak untuk kemudian dilakukan pemeriksaan," ucap Anung.

Pemprov Jabar Akan Kirim 10 Ribu Masker untuk Warga Depok!:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT