Serahkan Mattoanging ke Pemprov Sulsel, YOSS Tetap Pantau Gugatan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 17:17 WIB
Petinggi Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) menemui Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.
Foto: Petinggi Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) menemui Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. (Noval-detikcom)
Makassar -

Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) menyerahkan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Meski begitu, YOSS tetap mengikuti proses gugatannya ke Pemprov Sulsel di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar terkait pengelolaan Stadion Mattoanging dan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar terkait sertifikat kepemilikan Mattoanging.

"Itu (gugatan di pengadilan) kita lihat nanti perkembangannya, karena ini kan dalam (proses). Sudah sementara berjalan tapi insyaallah sampai sejauh mana (proses pengadilan) kan masih ada pembicaraan lagi nanti," ujar Ketua Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta usai menyerahkan Stadion Mattoangin di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Senin (2/3/2020).

Untuk diketahui, selama polemik Mattoanging antara Pemprov Sulsel dengan YOSS, tim hukum YOSS telah menggugat Pemprov Sulsel dengan 2 gugatan berbeda. Gugatan pertama di PTUN Makassar dengan Nomor Perkara 119/G/2019/PTUN-MKS tanggal 5 November 2019. YOSS menggugat Pemprov Sulsel dengan dugaan pelanggaran hukum terkait pencabutan hak kelola YOSS atas Stadion Mattoanging oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang diperintahkan Pemprov Sulsel.

Selanjutnya pada 13 Januari 2020 lalu, YOSS juga mendaftarkan gugatan ke PN Makassar. Objek perkara yang didaftarkan terkait sertifikat kepemilikan Pemprov Sulsel atas Mattoanging.