Massa Ormas Islam Demo Konjen India di Medan, 2 Waket DPRD Sumut Ikut

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 16:16 WIB
Massa dari ormas Islam mendemo Konjen India di Medan sebagai solidaritas muslim di India (Ahmad Arfah/detikcom)
Massa dari ormas Islam mendemo Konjen India di Medan sebagai solidaritas muslim di India (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Sejumlah ormas Islam menggelar demonstrasi solidaritas muslim di India. Ada dua Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) ikut aksi ini, Salman Alfarisi dan Rahmasyah Sibarani.

Pantauan detikcom di depan Konjen India, Jalan Uskup Agung, Medan, Senin (2/3/2020), terlihat massa memenuhi jalan sambil membawa spanduk dan poster. Terlihat juga ada anak-anak di antara massa aksi.

"Save muslim India," demikian tulisan di poster tersebut.

Massa meminta masuk dan berdialog dengan pihak Konjen India Medan, namun tak diizinkan. Salah satu Wakil Ketua DPRD Sumut, Salman Alfarisi, mengatakan massa aksi punya niat baik.

Massa Ormas Islam Demo Konjen India di Medan, 2 Waket DPRD Sumut IkutFoto: Massa dari ormas Islam mendemo Konjen India di Medan sebagai solidaritas muslim di India (Ahmad Arfah/detikcom)

"Saya Wakil Ketua DPRD Sumut, tidak mungkin mau bersikap yang tidak baik. Hanya minta masuk agar bisa berdialog, bersilaturahmi," ujar Salman.

Massa yang diizinkan masuk tetap mendekati pintu pagar Kantor Konjen India. Wakil Ketua DPRD Sumut lainnya, Rahmansyah, mengatakan pihaknya akan menyurati pemerintah untuk meminta pemerintah mengecam kericuhan sektarian di India.

"Setelah ini kami akan menyurati pemerintah pusat agar mengecam aksi di India," ujar Rahmansyah dari mobil komando.

Konflik di India, Ma'ruf Ingin Gelar Pertemuan Tokoh Agama Dunia:

[Gambas:Video 20detik]



(haf/jbr)