Saudi Setop Umroh Gegara Corona, UAS Kemukakan Hadits soal Wabah

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 21:43 WIB
Ustaz Abdul Somad
Foto ilustrasi: Ustaz Abdul Somad (dok. Aishtv)
Jakarta - Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak mau berbicara melampaui kompetensinya selaku ahli agama. Ini dikemukakannya saat dimintai respons terkait Arab Saudi yang menghentikan sementara kedatangan jemaah umroh lantaran merebaknya wabah virus corona. Namun ada satu hadits yang dia kemukakan perihal wabah.

"Saya guru agama, guru ngaji. Jadi saya bicara sesuai dengan kemampuan saya, bidang saya. Saya tidak bicara di luar kuasa. Saya hanya mengajak umat supaya banyak-banyak berdoa, supaya Allah menjauhkan negeri kita dari musibah yang zahir maupun yang batil," ujar UAS di acara Islamic Book Fair di JCC, Jakarta, Minggu (1/3/2020).

Pria asal Pekanbaru Riau ini mengaku, setiap Khutbah Jumat selalu menyampaikan doa agar Bangsa Indonesia senantiasa diberikan kebaikan dan dibebaskan dari segala macam wabah penyakit. "Setiap Khutbah Jumat, saya sampaikan jauhkan kami dari segala macam malapetaka, bencana wabah penyakit," ucap UAS.

Lebih lanjut, UAS mengutip hadits yang menyatakan, apabila di suatu wilayah sedang terjadi wabah penyakit, maka hendaklah jangan mendatanginya. Dan apabila orang berada di wilayah tersebut maka jangan mencoba untuk pergi.

"Adapun terkait wabah, maka haditsnya diriwayatkan oleh Abdurrahman Ibnu Auf shahih ada dalam shahih, Bukhori ada dalam shohih Muslim, kalau terjadi wabah penyakit dalam suatu daerah maka orang yg di luar jangan kamu datang dan orang yang sudah di dalam jangan kamu melarikan diri keluar dari tempat tersebut. Ini langkah preventif supaya meminimalisir penyebaran wabah. Itu yang diajarkan Islam," kata UAS. (dnu/dnu)