Kepulangan Jemaah Umroh Asal RI Lancar, Belum Ada Corona di Saudi

Zulfi Suhendra - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 18:45 WIB
Kepulangan Jemaah Umroh
Kepulangan Jemaah Umroh (Foto: Dok Dubes Agus Maftuh Abegebriel)
Jakarta -

Pemerintah memastikan kepulangan jemaah umroh asal Indonesia lancar usai Arab Saudi menyetop sementara umroh. Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyebut, dari informasi yang diterimanya, belum ada kasus Corona di Arab Saudi.

Dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (1/3/2020), setelah penyetopan sementara penerbangan umroh ke Arab Saudi, KBRI Riyadh dan KBRI Jeddah memastikan proses kepulangan jemaah RI dari Arab Saudi dan aman.

Mewakili Pemerintah RI, KBRI Riyadh memberikan apresiasi kepada pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas bantuan dan kordinasinya untuk mengizinkan 7 pesawat jemaah umroh asal Indonesia yang terbang di saat-saat krusial pascapenghentian penerbangan umrah di semua bandara Arab Saudi.

Untuk memastikan hal tersebut, Dubes Agus Maftuh juga memantau dan menemui jemaah umroh yang akan kembali ke Indonesia dari Bandara King Abdulaziz Jeddah.

Dubes Agus Maftuh memperkirakan masih ada sekitar 30.000 jemaah umroh asal Indonesia yang masih berada di Arab Saudi. Kepulangan mereka akan dilayani 9 maskapai penerbangan.

Dubes Agus Maftuh juga mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, hingga saat ini belum ditemukan kasus virus Corona di Arab Saudi.

Sebelumnya, Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus Corona (COVID-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umroh, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

"Menghentikan sementara warga negara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh dan mengunjungi Mesjid Nabawi," demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi yang diterima detikcom setelah diterjemahkan Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel, Kamis (27/2).

(zlf/dnu)