Anies Resmikan Masjid Cut Nyak Dien Setelah Renovasi, UAS Hadir

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 18:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Muhammad Ilman Nafian/detikcom)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Masjid Cut Nyak Dien, Jalan Johar, Gondangdia, Jakarta Pusat, usai direnovasi. Dalam acara tersebut, turut hadir Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin serta Ustaz Abdul Somad atau UAS.

"Saya sampaikan terima kasih atas tuntasnya renovasi masjid yang memiliki sejarah panjang. Nama yang dititipkan adalah di masjid ini nama seorang perempuan yang pernah beristirahat di Jakarta setelah itu ke Cianjur," ujar Anies dalam sambutannya, Minggu (1/3/2020).

Anies berharap rampungnya renovasi ini membuat jemaah lebih nyaman lagi dalam beribadah. Selain itu, Anies berharap Masjid Cut Nyak Dien dapat menjadi corong perjuangan umat Islam.

"Insyaallah seperti nama yang dititipkan, masjid ini menjadi masjid perjuangan," kata Anies.

Dalam kesempatan itu juga Anies mengaku Masjid Cut Nyak Dien sering menjadi pilihannya untuk menunaikan salat Jumat. "Saya biasanya salat Jumat di sini, di bawah tapi. Salat Jumatan paling sering di sini, di luar Balai Kota ya di Cut Nyak Dien," ucap Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan bangunan Masjid Cut Nyak Dien tidak bisa diperbesar karena terkendala area. Sebab, Masjid Cut Nyak Dien berada di pertengahan jalan.

"Kendala masjid di tempat bersejarah seperti ini adalah kendala ruang. Masjid kanan, kiri, depan, belakang penuh dengan jalan. Tidak mungkin bisa dilebarkan. Renovasi ini penuh dengan batasan," ujar Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu renovasi masjid. "Saya atas nama Pemprov DKI Jakarta mengucapkan terima kasih," kata Anies.

(gbr/gbr)