Petugas Cicil Bersihkan Lumpur di Underpass Kemayoran yang Masih Tergenang

Lukman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 12:26 WIB
Banjir underpass Kemayoran (Lukman Arunanta)
Banjir underpass Kemayoran (Lukman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Pembilasan bagian jalan underpass Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), mulai dicicil PPK Kemayoran. Banyak lumpur dan sampah yang dibersihkan.

"Ini (yang dibersihkan) sisa-sisa sampah yang habis banjir ini aja. Lumpur, plastik-plastik," jelas petugas PPK Kemayoran, Turimin, di underpass Kemayoran, Jakpus, Minggu (1/3/2020).

Meski genangan air belum sepenuhnya surut, petugas langsung menyemprot lumpur di bagian jalan. Hal itu dilakukan agar lumpur tidak mengeras.

"Jadi kalau ndak kita sambil dorong kalau udah telat jauh, keras (lumpurnya). Jadi biar air surut, lumpur surut," jelas Turimin.

Penyemprotan lumpur di underpass Kemayoran bagian selatan dekat MGK Mal Kemayoran menggunakan selang berukuran sedang. Airnya dipompa dari genangan banjir.

Total ada 20 petugas PPK Kemayoran di lokasi. Mereka bekerja secara bergiliran.

Setiap air perlahan surut dan lumpur jalan mulai terlihat, petugas langsung menyemprotnya. Sementara yang lain mengambil sampah dan menyerok lumpurnya dengan cangkul ke dalam karung.

Sementara itu, petugas damkar ikut membersihkan sisi jalan lain dekat Pasar Mobil Kemayoran. Ada lima personel yang membersihkan sampah dengan sapu lidi dan memasukkannya ke karung.

Diketahui banjir di underpass Kemayoran sudah terjadi hampir sepekan. Pantauan detikcom, Minggu (1/3), sekitar pukul 10.20 WIB, ketinggian air masih 90 cm.

Simak Video "Curah Hujan Tinggi, Underpass Sisi Barat Kemayoran Tergenang"

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)