Round-Up

Sisa Pohon di Monas 'Korban' Revitalisasi Masih Jadi Misteri

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 06:05 WIB
Pengerjaan revitalisasi Monas munculkan pro dan kontra di masyarakat. Meski diminta dihentikan sementara waktu, proyek revitalisasi itu masih terus berjalan.
Monas (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Sebagian batang-batang pohon yang ditebang imbas revitalisasi Monas ditemukan. Namun sisa pohon tersebut masih menjadi misteri.

Batang-batang pohon itu ditemukan oleh Tim Asistensi Komisi Pengarah (Komrah) dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) pada Rabu (26/2). Tim Komrah saat itu tengah melakukan pengambilan sampel tanah dan pohon hasil revitalisasi.

"Iya (batang pohon yang ditemukan hasil revitalisasi). Kebetulan selaku tim asistensi Komrah saya memang baru ke sana hari itu, dalam rangka untuk memastikan seperti apa status pohon bekas ditebang dalam rangka revitalisasi," ujar Tim Asistensi Komrah KLHK Bambang Hero saat dihubungi, Sabtu (29/2/2020).

Selain 46 batang pohon, tim juga menemukan 6 batang pohon dengan akarnya. Semua itu ditemukan di dekat tenda para pekerja revitalisasi Monas.

"Kalau yang tumpukan bekas tebangan itu ada 46 batang, sementara yang masih dengan akarnya ada sekitar 6 pohon yang ditemukan dekat tenda para pekerja, di bekas kandang Rusa," tuturnya.

"46 batang itu dari sekian pohon, datanya ada di KLHK," sambungnya.

Bambang menyebut, tidak mengetahui pasti apakah potongan-potongan pohon tersebut saat ini masih berada di Monas. Dia menyebut pihaknya hanya melakukan pengambilan sampel untuk diteliti.

"Seharusnya masih ada, saya tidak ada urusan untuk pengangkutan," kata Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3