Tim Evakuasi ABK WNI Diamond Princess Tiba di Jepang, Langsung Gelar Rapat

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 13:18 WIB
Kapal Diamond Princess
Diamond Princess (Foto: dok. Kemenhub)
Jakarta -

Tim evakuasi anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) Diamond Princess sudah mendarat di Jepang. Mereka langsung menggelar rapat bersama KBRI Jepang untuk memulai proses evakuasi.

"Tim evakuasi WNI ABK Diamond Princess, yang terdiri atas unsur Kemenlu, Kemenkes, TNI, dan Garuda Indonesia telah bergabung dengan KBRI Tokyo dan pada hari Sabtu ini telah memulai proses persiapan untuk evakuasi para WNI tersebut dengan mengadakan rapat," demikian keterangan tertulis KBRI Jepang yang disampaikan melalui akun Twitter @KBRITokyo, Sabtu (29/2/2020).

Proses evakuasi ini melibatkan tiga mitra penting dan telah dijalin hubungan baik sejak awal oleh KBRI Jepang, yaitu Kemlu Jepang sebagai mitra harian KBRI Tokyo yang membantu berkoordinasi dengan otoritas kesehatan Jepang, manajemen Princess Cruises, dan para WNI yang berada di kapal.

"Dalam mempersiapkan proses evakuasi tersebut, tim gabungan pusat dan KBRI Tokyo ini bersandarkan pada protokol kesehatan Indonesia dengan perhatian pada prinsip pencegahan penyebaran virus. Operasi evakuasi di lapangan akan dibantu sepenuhnya oleh Kemlu Jepang, Japan Self Defense Forces (JSDF), manajemen Princess Cruises, serta kepolisian Tokyo Metropolitan," tulis KBRI Tokyo.

Simak juga video Pulau Sebaru Jadi Tempat Observasi ABK World Dream, Warga Protes Anies: