Jubir Wapres soal Hoax Jemaah RI Ditolak Saudi karena Corona: Ini Berbahaya

Rahel - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 12:28 WIB
Ketua Bidang Infokom MUI Ketua KH. Masduki Baidlowi
Masduki Baidlowi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Juru bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan berita hoax soal virus Corona sangat berbahaya. Dia mengimbau masyarakat Indonesia berhati-hati dalam memilih berita.

"Jadi saya ingin lebih fokus pada krisis informasi ya, karena begini, hoax ini saya kira sangat berbahaya. Kemarin sudah berkembang (isu) jemaah umroh kita yang sampai ke Madinah, setelah diperiksa kesehatannya, positif Corona. Ini ternyata hoax," kata Masduki dalam diskusi Populi Center dan Smart FM bertajuk 'Adakah Jalan Keluar bagi Jemaah Umroh?', di The MAJ Senayan, Jalan Asia Afrika IX, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020).

Masduki menyebut sebagian besar masyarakat Indonesia sudah dapat mengakses internet. Dia mengatakan akibat berita-berita hoax itu membuat masyarakat mempertanyakan kebenaran soal apakah Indonesia bebas virus Corona.

"Ini orang luar sudah mulai banyak curiga, ini benar-nggak Indonesia ini betul-betul tidak terkena Corona? Jadi, ketika kita sedang mempertahankan seperti itu (Indonesia bebas Corona), lalu kemudian ada berita-berita hoax, itu sangat-sangat berbahaya," kata Masduki.

"Karena ada 267 juta penduduk. Dari sejumlah itu, sekitar 120 juta sudah terakses dengan internet dan dari yang terakses dengan internet dengan jumlah 150 juta itu misalnya itu 90 persen sudah menggunakan smartphone," imbuhnya.

Simak video Level Maksimum! WHO Tingkatkan Risiko Global Virus Corona: