Istana Tepis PKS soal Kesan Pemborosan: Biaya Sewa Pesawat Lebih Murah

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 09:52 WIB
Donny Gahral.
Tenaga Ahli Utama Kedeputian Komunikasi Politik, Donny Gahral (Foto: Dok. Pribadi )
Jakarta -

PKS mengatakan langkah Presiden Joko Widodo yang menyewa pesawat dari Garuda Indonesia untuk ke Amerika Serikat dinilai terkesan pemborosan. Menanggapi itu, Istana mengklaim langkah menyewa pesawat itu dinilai lebih mengirit biaya.

"Bahwa dengan menyewa, apa lagi ini untuk perjalan yang cukup makan waktu, ke Amerika kan bukan kayak ke negara Asia. Dengan menyewa biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian Komunikasi Politik, Donny Gahral saat dihubungi, Sabtu (29/2/2020).

Selain itu, ia menyebut dengan memakai pesawat milik Garuda itu waktu perjalan yang ditempuh menjadi lebih cepat dibanding menggunakan pesawat Kepresidenan. Ia menambahkan dengan pesawat Boeing 777-300 ER dari Garuda Indonesia jumlah rombongan yang diakut juga lebih banyak.

"Gitu justru lebih murah karena tadi karena satu kali transit kemudian bisa muat banyak jadi hitungan jadi lebih murah ketimbang harus pakai pesawat Kepresidenan. Tapi pesawat Kepresidenan buka bearti tidak dipakai, tetap dipakai untuk perjalanan domestik atau perjalan yang di bawah 7 jam," sebutnya.

Tak hanya itu, Donny menyebut dengan pesawat Garuda itu rombongan bisa transit di negara-negara yang aman dari coronavirus. Sehingga, ia mengklaim pesawat tersebut akan lebih aman.

"Satu lagi dengan menggunakan 77 300 ER itu bisa transit yang bebas dan aman dari coronavirus. Artinya pesawat itu bisa transit di Eropa, kalau 7 jam harus transit di Tokyo. Jadi secara keuangan lebih murah, secara keamanan dari coronavirus lebih aman," ucap Donny.

Selanjutnya
Halaman
1 2