KTT ASEAN di AS Ditunda, Bagaimana Nasib Pesawat yang Disewa Jokowi?

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 09:41 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Andhika/detikcom)
Presiden Jokowi (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) menunda pertemuan dengan pemimpin-pemimpin negara ASEAN yang dijadwalkan berlangsung di Las Vegas bulan depan. Penundaan itu dilakukan karena kekhawatiran akan virus corona yang merajalela.

"Ketika komunitas internasional bekerja sama untuk mengalahkan virus corona baru, Amerika Serikat, dalam konsultasi dengan mitra ASEAN, telah membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN," kata pejabat senior administrasi yang enggan disebutkan namanya, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (29/2).

Seperti diketahui, para pemimpin negara dari ASEAN dijadwalkan akan dituanrumahi oleh Presiden Donald Trump pada 14 Maret 2020 mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satu kepala negara yang akan ikut menghadiri ASEAN-US Special Summit tersebut.

Jokowi bahkan telah menyewa pesawat jenis Boeing 777-300 ER untuk kunjungan ke AS itu. Efisiensi menjadi alasan Jokowi menyewa pesawat jenis Boeing 777-300 ER dari Garuda Indonesia. Sebab pesawat kepresidenan Boeing Bussiness Jet (BBJ) lebih sering transit untuk mengisi bahan bakar jika terbang ke AS.

selanjutnya
Halaman

(mae/jbr)